Apa itu Amplifier Gitar Akustik Beserta Harga dan Jenis Jenisnya

Author: No Comments Share:

Amplifier Gitar Akustik

Amplifier adalah alat elektronik yang berfungsi untuk menghasilkan suara yang lebih keras daripada aslinya. Atau bisa kita sebut sebagai penguat suara sehingga menghasilkan suara yang lebih nyaring. Amplifier akustik didesign untuk melahirkan suara yang natural secara akurat dari gitar akustik. Tidak seperti amplifier untuk gitar elektrik yang memiliki fitur tambahan seperti dual channel. Amplifier untuk gitar akustikĀ  memang mengutamakan hasil suara yang lebih bersih dan akurat.

gambar amplifier gitar akustik fishman : fishman.com

Penggunaan Amplifier Gitar Akustik

Amplifier ini penggunaanya hanya untuk kita yang menginginkan hasil suara yang lebih bersih dan akurasinya tepat. Jika kita memilih amplifier untuk gitar akustik kita harus memperhatikan beberapa hal seperti, channel, watt, input, feedback control, on board effect.

Jenis Amplifier gitar akustik

  1. Combo amplifier, jenis ini memiliki bentu yang cukup kecil sehingga bisa dioperasikan dengan batrai dan dapat dibawa di bahu kita.
  2. Modelling amplifier, jenis ini menggunakan teknologi digital. Amplifier ini dapat menghasilkan berbagai jenis gaya suara hanya dengan menggunakan satu alat saja. Harganya pun tidak terlalu mahal.
  3. Amplifier tabung, menggunakan tabung hampa. Tabung inilah yang menerima sinyal listrik dari gitar dan dapat merubahnya menjadi suara. Tipe ini adalah tabung yang cukup responsif, hangat dan dinamis.
  4. Stack amplifier, tipe ini terdiri dari kepala amplifier yang disusun akan menjadi satu kabinet pengeras suara yang disebut setengah stack.

Cara memakai amplifier gitar akustik

  • Hal pertama yang kita lakukan, turn it on.
  • Kemudian, hubungkan gitar dengan amplifier dan pastikan, pada posisi nol.
  • Pastikan knop volume gitar telah kita buka.
  • Kembalikan pada posisi yang netral.
  • Lalu, clean sound agar kita mendapatkan hasil suara yang bersih
  • Kemudian, distorted sound. Kita dapat mensortir suara yang sekiranya sudah enak untuk di dengarkan.
  • EQ-ing.

Harga amplifier gitar akustik

Untuk harga dari amplifier gitar akustik ini cukup beragam. Harganya dibandrol dari Rp 150.000 untuk amplifier yang kecil, hingga ada yang memiliki harga Rp 2.250.000.

Previous Article

Sleeping Bag : Penggunaan dan Jenis beserta Cara Melipat dan Kisaran Harga

Next Article

Tongkat Pancing atau Joran Pancing – Jenis Serta Penggunaan

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *