Apa Itu Solder : Jenis Dan Harga Solder Serta Penggunaannya

Author: No Comments Share:

Apa Itu Solder

Solder adalah alat bantu yang digunakan untuk merakit dan menghubungkan rangkaian elektronika yang bisanya terdapat papan PCB didalamnya. Solder juga biasa disebut patri dimana solder sendiri bekerja dengan cara mengubah energi listrik menjadi energi panas. Kata solder sendiri berasal dari bahasa Inggris pertengahan yaitu soudur. 

Gambar: Freepik

Solder yang dikategorikan sebagai soft solder biasanya memiliki titik didih 90 sampai 450 Derajat Celcius, dan solder ini biasa digunakan pada perangkat elektronik, perpipaan / plumbing, dan metalworks. Kawat timah yang digunakan untuk soft soldering ialah yang bertitik didih antara 180 sampai 190 Celcius yang juga merupakan kawat timah yang paling umum digunakan untuk mematri atau solder.

Sedangkan penggunaan kawat timah dengan titik didih lebih tinggi untuk menyolder, yaitu melebihi 450 Celcius, dikategorikan sebagai hard soldering. Hard soldering juga biasa disebut silver soldering ataupun brazing.

 

Jenis Solder atau Patri

Terdapat beberapa jenis solder, biasanya jenis solder tersebut dibedakan dari kualitasnya saja. Dari bentuknya sendiri, solder biasanya memiliki suatu kesamaan bentuk dimana terdapat gagang pegangan, dimana ujung mata solder berbentuk lancip. Beberapa jenis solder memiliki pengatur suhu yang bisa digunakan untuk menentukan seberapa besar suhu mata solder yang akan dihasilkan.

 

Penggunaan

Solder digunakan untuk menghubungkan perangkat elektronika di papan PCB, biasanya untuk menyatukan kaki kaki komponen. Penggunaan solder sebagai alat penghubung dibarengi dengan penggunaan kawat timah, dimana timah akan mencair dan kaki komponen dengan PCB terhubung. Prosesnya:

  1. Kabel solder dipasangkan hingga ujung mata solder panas.
  2. Siapkan PCB dan komponen elektronika yang akan dihubungkan.
  3. Pasangkan kaki kaki komponen elektronika pada PCB.
  4. Pastikan kawat timah yang dipanaskan tidak berlebihan dan tidak terlalu lama, untuk menghindari kemungkinan komponen rusak akibat terlalu panas.
Previous Article

Bor Beton : Deskripsi Fungsi Serta Kisaran Harga

 

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *