Cat Tembikar

Author: No Comments Share:

Cat Tembikar

Cat tembikar merupakan beberapa jenis cat yang cocok digunakan untuk menghias tembikar agar memiliki hasil finish yang indah dan lebih menarik. Dengan memoleskan beberapa cat untuk tembikar dibagian bagian tertentu akan memiliki nilai yang jauh lebih tinggi saat kita jual daripada kita hanya menjualkan tembikar dengan polosan tanpa warna apapun. Oleh karena itu cat tembikar sangat berfungsi untuk meningkatkan harga jual dari tembikar tersebut.

 

Jenis dan Harga Cat Tembikar

Berikut ini adalah beberapa jenis dari cat tembikar yang Toolbox.id rangkum. Kisaran harga merupakan harga yang diperoleh dari membandingkan harga pada marketplace online, harga di toko offline seringkali berbeda dengan harga yang Toolbox tampilkan. Berikut jenis dan kisaran harga dari cat tembikar:

 

1. Cat Akrilik

Kita dapat menggunakan cat jenis ini untuk mewarnai tembikar. Untuk pengaplikasian cat akrilik pada tembikar kita dapat menerapkan wood putty atau dempul terlebih dahulu agar hasil yang kita peroleh lebih bagus. Jika tidak menggunakan dempul kita dapat memberikan pelapisan lebih banyak, hal ini dilakukan karena pot tanah liat memiliki porositas yang cukup tinggi. Harganya sekitar Rp 65.000.

 

2. Cat Keramik

Cat jenis keramik akan memberikan hasil yang memuaskan dan terlihat elegan serta mahal. Cat keramik sangat bisa memberikan hasil pengecatan dengan tekstur dan warna yang lebih bagus dibandingkan dengan cat akrilik. Sebelum menggunakan cat keramik maka pot tembikar harus dipanggang terlebih dahulu. Dengan hasil yang terihat mahal cat ini harganya cukup mahal dan cukup susah diaplikasikannya. Harganya sekitar Rp 110.000.

 

3. Chalk Paint

Cat dengan bahan dasar kapur ini juga dapat digunakan untuk mengecat tembikar. Akan tetapi cat ini sangat direkomendasikan hanya untuk pot indoor. Kelebihan dari jenis cat ini adalah dari sifatnya yang menarik serta unik, apalagi jika kita mengaplikasikannya dengan pola yang bagus. Harganya sekitar Rp 40.000.

 

4. Clear Varnish

Apabila kita menginginkan tembikar dengan desain polos dan sederhana, kita dapat menggunakan varnish ini agar tembikar yang kita gunakan lebih terlihat mengkilat dan bening. Varnish memiliki sifat cat yang bening serta transparan. Dengan menggunakan clear varnish maka dapat melindungi tembikar dari sinar matahari dan goresan. Harganya sekitar Rp 50.000.

 

Cara Kerja dan Cara Menggunakan Cat Tembikar

  • Pertama, kita dapat mempersiapkan pot tembikar dan alat pengecatan.
  • Kedua, kita dapat memilih tempat yang cukup nyaman untuk kegiatan pengecatan.
  • Lalu bersihkan pot dengan air hangat lalu keringkan.
  • Setelah kering kita dapat menambahkan pernis untuk melindungi pot tembikar, lalu kita dapat mengecatnya dengan cat yang sesuai keinginan kita.
  Next Article

Gunting Kabel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *