Cermin Inspeksi Kendaraan – Kegunaan dan Kisaran Harga

Author: No Comments Share:

Cermin inspeksi kendaraan merupakan suatu alat yang fungsinya digunakan untuk mengetahui apa saja yang berada dibawah kolong kendaraan khususnya mobil seperti pickup, truk, mobil pribadi, jeep, mobil besar, mobil operasional perusahaan atau sebagainya.

Alat ini berbentuk seperti tongkat dan dibagian bawahnya terdapat kaca cembung yang fungsinya digunakan untuk memantulkan cahaya dari bawah mobil. Alat ini hadir dalam dua jenis yaitu manual dan elektrik. Penjelasan lebih lengkapnya bisa Anda simak dalam ulasan berikut!

Cermin Inspeksi Kendaraan

Cermin inspeksi kendaraan atau vehicle inspection mirror merupakan suatu alat inspeksi kendaraan yang hadir dalam versi manual atau pun versi elektrik. Untuk versi yang elektrik, terdapat suatu kamera pada tongkat yang langsung terhubung ke layar monitor sebagai piranti pemeriksaannya.

Jadi cara kerjanya adalah ketika saklar elektrik pada cermin inspeksi kendaraan elektrik tersebut diaktifkan, maka arus listrik baterai alat akan segera diteruskan ke bagian elektrik mirror melalui saklarnya.

Elektrik mirrornya kemudian bekerja untuk menggerakkan tuas pengontrol di bagian posisi kaca. Jadi untuk versi elektrik mirror, alat ini hanya akan bekerja ketika saklarnya ditekan. Ketika arus dari baterai yang menuju ke motor dibalik pada sisi lain, maka gerakan dari pengaturan kaca spionnya menjadi berlawanan.

Kegunaan dan Manfaat Cermin Inspeksi Kendaraan

Hal tersebut karena beberapa alasan, salah satunya untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan ketika mobil akan dihidupkan atau hendak digunakan. Dengan menggunakan alat yang satu ini, mobil yang akan dikendarai jadi lebih terjamin keamanannya karena sebelum digunakan sudah dicek terlebih dahulu tidak hanya dibagian dalam mobil melainkan juga di bagian luar dan sekitar area mobil berada.

Alat ini cocok digunakan sebagai alat untuk melakukan inspeksi mobil dan kendaraan bekas. Seringkali bagian kolong mobil maupun kendaraan bekas yang mau kita beli luput dan tidak terdeteksi adanya kerusakan ataupun karat kolong mobil. Alat ini dapat mempermudah kegiatan inspeksi mobil dan kendaraan lain khususnya pada bagian kolong.

Memanfaatkan cermin inspeksi kendaraan baik versi manual atau elektrik, hal yang tidak diinginkan semacam itu bisa dicegah. Kini cermin inspeksi kendaraan bahkan tidak hanya dipakai untuk menjaga keamanan mobil melainkan juga sudah banyak dipakai di area pintu masuk mall, hotel, supermarket, dan bahkan di perbatasan negara.

Untuk harganya, cermin kaya manfaat ini dibanderol sekitar 345 ribu rupiah sampai dengan ada yang diatas 1 juta rupiah tergantung tipe dan merknya.

Previous Article

Alat Potong Keramik – Jenis dan Cara Penggunaan

Next Article

Lubricator dan Lubricant – Pengertian, Jenis, dan Kegunaan

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *