Coating Thickness Gauge / Alat Pengukur Ketebalan Cat Mobil

Author: No Comments Share:

Coating thickness Gauge/ alat pengukur ketebalan cat mobil merupakan suatu alat yang dipakai dalam mengukur lapisan non destruktif kendaraan dalam hal ini cat mobil dengan cepat dan memiliki tingkat akurasi hasil yang tinggi.

Alat ini hadir dalam berbagai macam merk dan fitur yang membuat banderol harganya berbeda. Coating thickness gauge/ alat pengukur ketebalan cat mobil sendiri banyak digunakan di banyak tempat seperti bengkel cat mobil, pabrik atau produsen mobil, toko cat dan plat elektronik, petugas lapangan di galangan kapal atau industri pesawat dan sebagainya. Cara kerja alat ini seperti apa?

Cara Kerja Coating Thickness Gauge/ Alat Pengukur Ketebalan Cat Mobil

Alat yang biasanya dipakai untuk mengukur ketebalan lapisan cat pada body mobil, lapisan galvanis, anodizing crome dan juga aplikasi jenis lainnya ini bekerja dengan sangat baik pada prinsip industri magnetik dan prinsip pusaran arus memanfaatkan probe yang digunakan.

Probe tersebut beragam ada yang manual dan juga ada yang bersifat otomatis. Merk alat ini pun sangat beragam. Anda bisa beli di toko offline atau bahkan secara online jika memerlukannya. Biasanya coating thickness gauge dilengkapi dengan alat untuk membaca statistik data seperti AVG, MAX, MIN, S.DEV dan beberapa fitur lainnya.

Fitur dan Kegunaan Coating Thickness Gauge

Beberapa fitur yang biasanya melengkapi coating thickness gauge/ alat pengukur ketebalan cat mobil di antaranya :

  • Fitur pengukuran lapisan non magnetik seperti cat, seng atau galvanis pada baja
  • Fitur pengukuran lapisan penyekat seperti cat, anodisasi/ anodizing pada logam non besi
  • Fitur pengukuran lapisan logam non besi pada penyekat substrat
  • Menu pengoperasian dengan cara penggunaan yang mudah
  • Display statis
  • Didukung beberapa mode pengukuran dan mode kerja
  • Kalibrasi penetralan
  • Fungsi delete data
  • Ada juga yang sudah dilengkapi dengan alarm.

Kisaran Harga Coating Thickness Gauge

Untuk harga dari alat ini sangat beragam. Ada yang dibanderol dengan harga ratusan ribu rupiah bahkan sampai di atas 5 juta rupiah. Untuk perusahaan otomotif besar seperti pabrik otomotif misalnya, biasanya menggunakan alat ini dengan fitur yang lebih canggih dari alat pada umumnya dan biasanya dibanderol puluhan juta rupiah.

Itulah sedikit informasi yang kami dapat berikan terkait coathing thickness gauge atau alat yang digunakan untuk mengukur ketebalan cat mobil. Semoga menjadi informasi yang menambah wawasan.

Previous Article

Perlengkapan dan Alat Untuk Memulai Hobi Melukis Cat

Next Article

Tire Pressure Gauge / Alat Pengukur Tekanan Angin Ban Portabel

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *