Contoh Bahan Medis Habis Pakai dan Kegunaannya

Author: No Comments Share:

Selain alat medis yang biasa dipakai oleh tenaga kesehatan dalam praktek atau memeriksa pasien, seringkali kita juga menemukan bahan medis habis pakai. Ada banyak contoh bahan medis habis pakai dan kegunaannya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya. Khususnya bagi Anda yang notabennya merupakan tenaga kesehatan dan sedang mencari apa saja bahan medis habis pakai, berikut informasi selengkapnya!

Contoh Bahan Medis Habis Pakai dan Kegunaannya

Bahan medis habis pakai atau disposable merupakan suatu bahan atau alat yang dipakai oleh tenaga Kesehatan untuk pasien dan bersifat langsung dibuang setelah digunakan. Atau dengan kata lain merupakan suatu alat dan bahan yang tidak bisa digunakan dua kali atau lebih.

Beberapa contoh bahan medis habis pakai dan kegunaannya terdiri atas :

Jarum suntik

Merupakan suatu alat yang digunakan tenaga profesional medis untuk melakukan transfer cairan ke dalam atau pun keluar tubuh. Jarum suntik ini terbuat dari jarum yang di bagian tengahnya berlubang dan menempel pada tabung atau plunger.

Kateter

Kateter merupakan suatu tabung dalam ukuran kecil yang biasanya digunakan pasien yang tidak bisa ke kamar mandi untuk buang air kecil guna mengosongkan kandung kemih.

Pada kondisi tertentu, kandung kemih harus dikosongkan karena jika tidak maka urin dapat mengalami penumpukan dan menyebabkan terjadinya tekanan pada ginjal. Nah, tekanan tersebut yang dapat mengakibatkan terjadinya gagal ginjal yang tentu sangat berbahaya dan dapat berpotensi mengakibatkan kerusakan permanen ginjal.

Nurse Cap

Nurse cap adalah penutup kepala yang biasanya digunakan oleh tenaga profesional medis seperti dokter dan perawat untuk melindungi rambut rontok ketika melakukan Tindakan pada pasien seperti operasi.

Dengan nurse cap, proses Tindakan kepada pasien yang dilakukan oleh tenaga medis tidak akan mengganggu dan juga mengotori bahan serta media lain yang bersifat membahayakan. Nurse cap juga bersifat disposable atau hanya sekali pakai.

Sarung Tangan Medis dan Operasi

Sarung tangan medis dan operasi juga menjadi salah satu contoh bahan medis habis pakai dan kegunaannya adalah agar tenaga medis terhindar dari droplet pasien, cairan atau apapun ketika penanganan atau Tindakan medis dilakukan.

Sarung tangan medis dan operasi juga dipakai untuk mencegah terjadinya infeksi silang, penularan kuman, bakteri, dan untuk keperluan bedah serta operasi.

Selang Infuse

Selang infuse merupakan alat yang digunakan sebagai penghubung antara bagian tubuh yang akan disuntik dengan cairan suntiknya.

Pembalut Nifas

Pembalut nifas merupakan suatu pembalut yang dipakai untuk menjadi penampung masa nifas wanita pasca melahirkan. Biasanya dipakai dan diberikan untuk pasien pasca melahirkan.

Plester Perban dan Kain Kasa

Digunakan untuk menutup luka agar tidak ada luka menganga yang bisa terinfeksi oleh bakteri atau jamur. Dengan begitu luka akan lebih aman setelah ditutup dengan kain kasa dan plester perban.

Masker Medis

Dipakai untuk melindungi wajah dari debu, bau tidak sehat yang muncul ketika menangani pasien, dan lainnya. Untuk masker medis yang dipakai tenaga Kesehatan biasanya merupakan masker N95.

Jenis masker ini juga dipakai oleh orang yang mengalami masalah infeksi saluran pernapasan. Untuk orang yang mengalami saluran pernapasan, masker medis ini dipakai untuk menghalangi cairan atau droplet, menghalangi partikel udara yang keluar dari pemakainya ketika ia sedang batuk, bicara atau bersin.

Itulah beberapa contoh bahan medis habis pakai dan kegunaannya yang Anda harus tahu dan pahami. Semoga informasi di atas menjadi ulasan yang menambah manfaat khususnya untuk tenaga medis dan atau calon tenaga medis yang sedang belajar.

 

Previous Article

Nama Nama Alat Camping dan Harganya

Next Article

Merk Alat Pancing Bagus Rekomendasi

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *