Dongkrak Mobil – Cara Kerja dan Jenis

Author: No Comments Share:

Dongkrak Mobil menjadi salah satu alat yang wajib ada di mobil saat bepergian, sama dengan ban serep. Kedua kelengkapan ini menjadi bagian dari antisipasi kelancaran perjalanan, dapat di bayangkan kalau ban mobil tiba – tiba kempes dan jauh dari keramaian sudah pasti panik. Tetapi ketika kita membawa safety kit setidaknya kita dapat menangani situasi seperti itu dengan baik dan aman. Dongkrak merupakan sebuah alat untuk memudahkan kita mengangkat benda berat yang dapat di operasikan dengan tangan, dalam proses mengganti ban mobil dongkrak mengangkat beban mobil agar ban dapat dilepas dan dipasang dengan cadangannya.

Dua macam cara kerja dongkrak mobil berdasarkan sistem gayanya yaitu Mekanik dan Hidrolik. Dongkrak mekanik memiliki cara kerja meneruskan dan memperbesar gaya melalui roda gigi ke batang giginya. Sedangkan untuk dongkrak hidrolik gaya diteruskan melalui perantara zat cair. Dongkrak hidrolik biasa digunakan pada mobil dengan sistem hidraulis dengan ground clearance yang rendah.

 

Jenis Dongkrak Mobil

Terdapat beberapa jenis dongkrak mobil yang biasa digunakan oleh para pengguna mobil di antaranya ;

 

  1. Dongkrak Botol

Dikenal dengan istilah bottle jack dongkrak ini menjadi dongkrak yang paling digemari karena penggunaan yang relatif mudah. Dongkrak ini memiliki cara kerja sebagai dongkrak dengan sistem hidrolik. Bukan hanya itu tetapi juga karena bentuknya relatif kecil dan mudah untuk dibawa- bawa tanpa memerlukan banyak tempat. Ini juga sangat direkomendasikan untuk para wanita. Langkah penggunaan nya dimulai dengan meletakkan pada bagian bawah kendaraan kemudian pompa bagian tuasnya naik turun. Setelah terangkat kita dapat memindahkan atau menggantikan ban, sedangkan untuk menurunkan hanya perlu memutar katup dongkrak nya.

 

  1. Dongkrak Gunting

Dongkrak dengan gaya gerak seperti gunting merupakan dongkrak paling terjangkau dan untuk beberapa pembelian mobil biasanya ini merupakan dongkrak bawaan. Untuk mengoperasikan dongkrak jenis ini terbilang cukup mudah yaitu dengan memutar poros nya searah jarum jam untuk menaikkan beban dan memutar sebaliknya untuk menurunkan. Dongkrak ini bekerja dengan sistem gaya mekanik, sehingga memungkinkan membutuhkan gaya lebih yang membuat berat saat pemutaran porosnya.

 

  1. Dongkrak Buaya

Sesuai dengan namanya dongkrak ini memiliki cara kerja yang menyerupai mulut buaya yang terbuka. Bekerja dengan sistem gaya hidrolik yang tentu lebih ringan dan mudah penggunaannya.Selain mudah penggunaan nya dongkrak ini juga memiliki bentuk yang sangat praktis. Dengan semua kelebihan itu sudah dapat di pastikan ini merupakan jenis dongkrak dengan harga yang relatif mahal.

Harga dongkrak di pasaran sangat beragam bukan hanya dari jenisnya tetapi juga dari merk dongkraknya.

Previous Article

Kabel Jumper Aki Mobil – Fungsi dan Cara Penggunaan

Next Article

Jarum Jahit Rajut – Deskripsi dan Jenis

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *