Drum Handler – Jenis dan Fungsi

Author: No Comments Share:

Jenis Drum Handler

Drum Handler atau Drum Lifter merupakan alat angkat yang di khususkan untuk mengangkat dan memindahkan drum. Didesain dengan daya cengkram yang kuat sehingga mampu memindahkan dan mengangkat berbagai jenis drum. Alat yang satu ini sangat penting dimiliki oleh industri yang bergerak dalam bidang cairan atau liquid seperti lem, minuman dan lainnya, yang dikemas dengan berbagai ukuran drum.

Berikut beberapa jenis drum handler:

  • Drum handler stacker, pengangkutan dilakukan dengan proses pemompaan secara manual, ketinggian yang dapat dicapai dengan drum handle stacker ini adalah sekitar 1,4 meter.
  • Drum Porter, dioperasikan sama yaitu dengan cara manual hanya saja daya angkatnya lebih rendah yaitu sekitar 27 cm.
  • Drum Gripper, mengangkat drum dengan tanpa merubah posisi truck. Ini dapat dilakukan dengan menyelipkan garpu pada pangkal grip, menariknya untuk jenis ini dapat mengangkat dua drum sekaligus.

 

Fungsi Drum Handler

Alat ini berfungsi untuk mempermudah memindah dan mengangkat drum baik kosong maupun ada isinya. Terbayang sulitnya untuk memindahkan drum terlebih jika ada isinya, dan tentu saja akan sulit dan berat jika harus menata drum penuh dengan posisi vertikal. Maka inilah alat yang bekerja secara hidrolik untuk dapat menyusun drum dengan rapi dan hemat tenaga.

Drum Handler dapat dioperasikan dengan mudah dan aman, serta dapat memutar drum sampai dengan 360°, sehingga bukan hanya untuk menyusun bahkan dapat digunakan sebagai alat bantu menuang isi drum. Sebagai bagian dari kelebihan ternyata drum handler juga dapat secara fleksibel dipindahkan roda kemudinya, ini membuat drum handler dapat digunakan secara efisien baik indoor maupun outdoor.

Kapasitas berat yang dimiliki drum handler berkisar seberat 350 kg, memiliki desain ergonomis yang dapat digunakan secara fleksibel meskipun tergolong dalam alat angkut yang berat. Penggunaan drum handler ini dapat dioperasikan oleh perorangan sehingga sangat efisien untuk mobilisasi dalam industri atau pabrik. Selain penting memiliki alat yang satu ini, hal yang perlu di pertimbangkan adalah proses perawatan alat angkut yang mudah dan awet.

  Next Article

Bel Sepeda – Fungsi dan Cara Pemasangan

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *