Fungsi Ear Muff / Penutup Telinga

Author: No Comments Share:

Ear Muff atau Penutup Telingan

Kenapa ear muff atau penutup telinga penting? Bagi para pekerja konstruksi, transportasi, manufaktur, atau ataupun musik dan hiburan harus selalu waspada terhadap paparan suara bising yang melebihi dari 85 desibel secara terus menerus dan berlangsung lama di tempat kerja. Suara bising yang melebihi dari nilai ambang batas dapat mengakibatkan beragam risiko kesehatan dan juga keselamatan kerja untuk pekerja.

Paparan suara berlebihan yang tidak dikehendaki dapat mengakibatkan gangguan pada pendengaran akibat kebisingan, stres, produktivitas kerja menurun hingga pada risiko kecelakaan. Gangguan pendengaran yang diakibatkan kebisingan membuat menurunnya kemampuan pekerja mendengar sinyal peringatan dan komunikasi menjadi sulit dan terbatas.

Meskipun paparan kebisingan yang mengganggu di tempat kerja tak bisa dihindari ataupun dihilangkan, tetapi risiko akibat paparan kebisingan bisa di minimalkan. Sesudah melaksanakan pengendalian bahaya yang mencakup eliminasi, rekayasa teknik, substitusi dan pengendalian administratif, selanjutnya upaya pencegahan bahaya terakhir yang bisa dilakukan adalah menggunakan ear muff atau penutup telinga untuk pelindung pendengaran.

Para pekerja wajib menggunakan ear muff sebagai pelindung pendengaran jika tingkat kebisingan atau suara di tempat kerja tersebut melebihi 85 desibel. Penggunaan penutup telinga untuk melindungi pendengaran bermanfaat untuk mengurangi potensi terkena paparan kebisingan yang dapat mengakibatkan gangguan pada telinga.

Fungsi Ear muff atau Penutup Telinga

Ear muff atau penutup telinga bisa menurunkan intensitas suara bising sampai 40 desibel. Umumnya earmuff bisa digunakan untuk alat perlindungan telinga hingga 110 desibel. Kamu dapat menggunakan earmuff yang mempunyai nilai Noise Reduction Rate atau NRR sesuai nilai kebisingan yang ada di tempat kerja.

Wajib diketahui, cara menggunakan earmuff juga bisa menentukan tingkat efektivitas penutup telinga ini sebagai alat pelindung. Faktanya, efektivitas perlindungan pendengaran dapat berkurang jikalau alat pelindung pendengaran ini tidak pas atau tidak tepat ketika digunakan. Oleh sebab itu, para pekerja wajib memahami cara penggunaan penutup telinga / earmuff yang baik dan benar agar berfungsi optimal sebagai alat perlindungan pendengeran.

Cara Menggunakan Ear Muff

Menggunakan penutup telinga sebagai perlindungan pendengaran di saat bekerja dengan paparan suara bising yang tinggi adalah upaya pencegahan terpenting. Maka dari itu pastikan cara penggunaan earmuff dengan benar supaya perlindungan pendengaran dari paparan kebisingan menjadi lebih optimal dan efektif. Berikut langkah-langkah nya:

  1. Letakkan ear cup tepat di telinga
  2. Headband disesuaikan dengan menggeser ke bawah atau ke atas hingga earcup bisa menutup telinga kamu dengan sempurna.
  3. 3. Di saat earmuff digunakan pada posisi headband berada di belakang ataupun di bawah dagu, pasang tali headband di slot tepat pads bagian atas earcup.

Penutup telinga adalah alat penting untuk melindungi para pekerja dari paparan suara bising. Ear muff yang terpasang tidak pas atau tidak tepat bisa mengurangi efektivitas perlindungan pendengaran selama terkena paparan kebisingan. Harap ikuti instruksi produsen ketika menggunakan ear muff. Cek kembali penutup telinga yang kamu gunakan, apakah sudah terpasang pas di telinga kamu.

Previous Article

Manfaat Ear Plug atau Penyumbat Telinga

Next Article

Fungsi Safety Vest Bagi Keselamatan Pekerja

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *