Manfaat Ear Plug atau Penyumbat Telinga

Author: No Comments Share:

Ear Plug atau Penyumbat Telinga

Salah satu alat keamanan kerja untuk menghindari kerusakan pada telinga ialah ear plug atau alat penyumbat telinga? Meskipun ukurannya yang terbilang kecil, alat penyumbat telinga ini  bermanfaat untuk menyaring suara kebisingan yang bisa membahayakan telinga. Lalu apa lagi keuntungan dan manfaat yang didapatkan dengan mengenakan penyumbat telinga ini? Yuk simak penjelasan berikut di bawah ini.

 

Manfaat Ear Plug 

Earplug merupakan salah satu alat penyumbat telinga yang berfungsi untuk melindungi pendengaran dari suara bising. Alat pelindung telinga ini terbuat dari plastik atau busa dan berukuran kecil. Cara menggunakan alat ini bisa langsung dimasukkan ke dalam lubang telinga.

Earplug atau penyumbat telinga ini ternyata juga mempunyai manfaat untuk menurunkan risiko terkena bermacam penyakit telinga saat bekerja atau bisa juga digunakan sebagai alat yang membantu tidur lebih nyaman. Berikut manfaat menggunakan earplug untuk kesehatan pendengaran.

Mencegah terjadinya infeksi pada telinga

Menggunakan penyumbat telinga saat berenang bisa mencegah terjadinya infeksi telinga karena kemasukan air, seperti penyakit otitis eksterna. Penyakit ini merupakan infeksi yang terjadi di saluran telinga yang menyalurkan suara ke gendang telinga. Tentu rentan terinfeksi jika sering berenang dengan tanpa menggunakan penyumbat telinga atau ear plug. Tidak heran jika orang-orang lalu menyebut infeksi telinga ini dengan sebutan swimmer’s ear.

Mencegah ketulian akibat kebisingan

Tuli yang diakibatkan kebisingan adalah kerusakan struktur sensitif pada bagian dalam telinga karena sering mendengar suara bising yang terlalu keras. Kondisi ini adalah gangguan pendengaran yang bisa dicegah. Caranya adalah dengan menggunakan pelindung pendengaran atau penyumbat telinga.

Ear plug termasuk alat pelindung pendengaran yang direkomendasikan setiap kali terpapar oleh suara bising  yang melampaui batas pada waktu tertentu. Kategori kebisingan yang melampaui batas yakni 85 desibel atau lebih selama delapan jam lebih secara terus menerus. Aktivitas berikut ini yang cenderung menghasilkan kebisingan suara dengan waktu yang lama.

  • Alat pemotong rumput.
  • Alat-alat perkakas listrik.
  • Kendaraan mobil atau traktor pertanian.
  • Suara senapan berburu atau tembakan.
  • Menonton acara kompetisi balapan mobil atau motor.

Selain itu juga disarankan menggunakan penutup telinga pada anak-anak disaat menonton konser musik atau di tempat yang bersuara bising.

Bisa membuat tidur lebih nyaman dan nyenyak

Selain digunakan untuk keperluan bekerja, ear plug atau penyumbat telinga juga dapat digunakan saat tidur. Menggunakan alat ini bisa untuk memblokir suara-suara berisik yang mengganggu di sekitar. Untuk pekerja atau seseorang yang tinggal dan berada di kawasan dekat dengan pabrik, bandara atau jalan besar, penyumbat telinga sangat bermanfaat.

Previous Article

15 Contoh Alat Musik Electrophone

Next Article

Fungsi Ear Muff / Penutup Telinga

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *