Edge Burnisher – Alat Finishing Pengkilap Kerajinan Kulit

Author: No Comments Share:

Edge Burnisher

Saat kita sedang melakukan pekerjaan kerajinan kulit, seringkali terdapat masalah yang timbul pada hasil kerajinan kulit ialah bagian pinggir kerajinan kulit terlihat kasar dan kurang rapi. Masalah tersebut merupakan masalah alami dari kerajinan kulit karena tanpa alat bantu, kasarnya pinggiran kulit sulit untuk ditangani. Oleh sebab itu, terdapat alat kerajinan kulit yang disebut Edge Burnisher atau pemoles pinggiran kulit agar menghasilkan pinggiran kulit yang mengkilap dan rapi.

 

Kegunaan Edge Burnisher

Edge Burnisher berfungsi untuk merapikan pinggiran kerajinan kulit dengan cara digosokan pada bagian edge burnisher sehingga kerajinan kulit menjadi mengkilap dan rapi. Penggunaan edge burnisher juga dibarengi dengan pengolesan wax / beeswax agar mendapat hasil akhir kerajinan kulit yang mengkilap.

 

Jenis Edge Burnisher

Terdapat beberapa jenis edge burnisher  yang dapat dibedakan menurut bentuknya. Tetapi kali ini akan dijelaskan jenis edge burnisher berdasarkan metode penggunaannya, yaitu:

  1. Edge Burnisher Manual. Merupakan alat Edge Burnisher yang penggunaannya memakai metode manual atau menggunakan tangan pengrajin kulit. Jenis ini memiliki berbagai macam ukuran sesuai penggunaan dan berbahan dasar kayu.
  2. Edge Burnisher otomatis. Ialah edge burnisher kayu yang terpasang pada sebuah mesin pemutar otomatis sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan pekerjaan pemolesan ujung kerajinan kulit. Jenis ini memiliki berbagai ukuran dari mulai edge burnisher otomatis kecil seukuran sesuai ukuran tangan sampai edge burnisher otomatis yang lebih besar yang dipasangkan pada media lain seperti meja.

 

gambar edge burnisher – toolbox.id

 

Cara Penggunaan

  1. Pertama-tama basahi ujung kerajinan kulit yang akan dipoles dengan air.
  2. Gunakan edge burnisher dengan cara digosokan agar rambut rambut halus pada kulit mulai tidak terlihat.
  3. Tambahkan wax / beeswax pada bagian yang ingin dipoles tadi secukupnya secara merata.
  4. Gunakan edge burnisher kembali untuk melakukan finishing pinggiran kerajinan kulit.
  5. Hasil pinggiran kulit yang mengkilap dan rapi pun akan mulai terlihat.

Penggunaan edge burnisher dapat berbeda-beda sesuai preferensi setiap pengrajin, beberapa mungkin melakukan penambahan wax beberapa kali untuk mendapat hasil yang lebih maksimal lagi. Terkadang juga dilakukan penambahan bahan lain seperti edge slicker agar mencapai hasil maksimal.

 

Kisaran Harga Edge Burnisher

  • Edge Burnisher Manual Basic biasanya dihargai sekitar Rp 20.000 – Rp 40.000
  • Edge Burnisher Electric kecil dihargai berkisar pada Rp 750.000
  • Mesin Edge burnisher besar dihargai sekitar Rp 1.600.000

 

Previous Article

Skiver – Alat Penipis Bahan Kerajinan Kulit

Next Article

Kompor Portabel atau Kompor Portable

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *