ELCB Tester – Fungsi dan Kisaran Harga

Author: No Comments Share:

Fungsi ELCB Tester

ELCB tester merupakan alat pengaman listrik dari kebocoran arus, atau lebih tepatnya pendeteksi kebocoran arus listrik. Ini juga merupakan penyelamat manusia dari kesetrum atau tersengat listrik, pada saat tersengat listrik hanya akan terjadi sesaat ketika arus singkatnya di bawah 6 kA, di moment inilah ElCB menjalankan fungsinya.

ELCB Tester memiliki respon yang cepat untuk memutus arus listrik, sehingga bukan saja manusia yang terselamatkan dari kebocoran arus listrik tetapi juga berbagai peralatan yang menggunakan listrik. Karena kebocoran arus juga dapat merusak bahkan menyebabkan kebakaran apabila tersambung dengan alat- alat lain yang teraliri listrik, ketika ini terjadi hubungan arus pendek dapat terpicu, tetapi dengan adanya deteksi ELCB arus dapat dihentikan dengan cepat.

 

Perpaduan ELCB Tester

ELCB tester tidak dapat bekerja sendiri untuk mengamankan aliran dan instalasi listrik, tetapi butuh beberapa perpaduan, seperti dengan MCB keduanya bersinergi menghentikan kemungkinan adanya hubungan singkat arus listrik atau konsleting. Penting untuk diingat bahwa ELCB tidak boleh disambungkan jika arus listrik yang ada lebih dari 6 kA karena itu merupakan ambang batas dari kapasitasnya. Dipadukan dengan alat bantu lainnya seperti, OFS, MN, dan MX untuk dapat menangkap signal arus dalam jarak tertentu terutama jarak yang cukup jauh.

 

Cara Kerja ELCB Tester

Cara kerja dari alat ini cukup sederhana yaitu menggunakan relay sebagai eksekutornya. Pada peralatan listrik yang berjalan normal memiliki total arus listrik yang mengalir melalui kawat positif dan netral dengan besaran yang seimbang. Ketika terjadi proses kebocoran arus maka akan terjadi penambahan pada salah satu aliran sehingga menyengat manusia atau pengguna listrik.

Pada saat seperti itulah ELCB akan mendeteksi perubahan tersebut dan secara otomatis mengaktifkan relay yang berimbas pemutusan arus oleh MCB. Jumlah arus yang mulai terdeteksi dalam peristiwa seperti ini berkisar antara 30mA.

 

Kisaran Harga ELCB Tester

Harga ELCB Tester di pasaran cukup beragam, harga ELCB Tester berkisar anatra Rp 2.000.000 sampai dengan Rp 3.500.000 dan untuk merek tertentu bisa mencapai Rp 4.500.000 tentunya harga berbanding dengan kualitas yang didapatkan. Semakin tinggi harga ELCB Tester maka kualitas dan fitur serta durabilitas ELCB Tester semakin baik.

 

 

 

Previous Article

Tang Kombinasi – Deskripsi dan Kegunaan

Next Article

Vibration Meter – Fungsi dan Cara Penggunaan

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *