Gergaji Besi – Jenis dan Cara Penggunaan

Author: No Comments Share:

Kegunaan Gergaji Besi

Gergaji Besi merupakan peralatan pembantu yang biasa digunakan tukang untuk memotong benda benda logam seperti besi Kuningan ataupun Diral dan juga bisa digunakan untuk memotong Kayu maupun PVC karena memiliki mata gergaji yang tergolong rapat serta bobot nya juga tergolong lumayan ringan.

Gergaji besi dapat dikatakan multifungsi karena memiliki mata gergaji yang rapat dan dapat dipastikan jika memotong dengan gergaji besi akan menghasilkan hasil potongan yang sangat rapih serta serpihan dari hasil potongan akan sangat lembut dan berukuran kecil. Selain itu, gergaji besi juga pada umumnya berbobot ringan sehingga mudah digunakan dan dibawa.

 

Jenis-Jenis Gergaji Besi

Dalam hal ini terdapat beberapa jenis Gergaji besi yang biasanya dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan penggunaannya. Berikut beberapa jenis gergaji besi yang biasa di temui:

  • Gergaji (Coping Saw)
    Bentuknya gergaji ini serupa huruf ā€œUā€, sehingga mempermudah pengguna untuk membuat potongan melengkung pada triplek atau papan. Keunggulan dari rata rata gergaji besi adalah Mata gergaji nya bisa di ganti dan dapat dibeli terpisah atau beli mata gergajinya saja.
  • Gergai (Keyhole Saw)
    Sesuai namanya, gergaji jenis ini memiliki ukuran yang kecil dan dibuat khusus untuk memotong di bagian-bagian yang sempit. Perbedaan berada pada pegangan gergaji yang tampak seperti memiliki lubang untuk memudahkan pekerjaan gergaji.

 

Cara Menggunakan Gergaji Besi

Cara penggunaan gergaji besi bisa dibilang cukup mudah. Karena merupakan perlengkapan pembantu tanpa adanya penggunaan mesin, maka prinsip penggunaan gergaji besi mirip dengan penggunaan gergaji kayu. Berikut cara menggunakan gergaji besi yang benar:

  1. Buat alur atau beri garis pada besi yang akan di potong.
  2. Selanjutnya yaitu dengan memposisikan gergaji membentuk sudut 30 derajat. Gergaji lah terlebih dahulu bagian sisi yang semakin lama sudutnya akan semakin mengecil.
  3. Usahakan posisi gergaji tetap stabil saat menggergaji besi.
  4. Saat melakukan pekerjaan diatas, pekerja harus menerapkan prinsip kehati-hatian agar terhindar dari kecelakaan kerja. Meskipun tidak terlalu membahayakan, namun prosedur yang salah bisa saja membuat suatu insiden terjadi.

 

Kisaran Harga Gergaji Besi

Harga nya cukup berfarian dan mengikuti fungsi dari jangka itu sendiri
Harga Gergaji Besi set komplit di bandrol dengan harga Rp 450.000 Komplit dengan berbagai mata Gergaji untuk cadangan penggantian beberapa kali. Sedangkan harga Gergaji Besi basic dibandrol dengan harga Rp 80.000 untuk Gergaji 1 set ukuran 12 inc. Harga dapat bervariasi, tetapi umumnya harga akan berbanding lurus dengan kualitas gergaji.

Previous Article

Keranjang Sepeda – Kegunaan dan Jenis

Next Article

Jangka Kompas atau Compass – Jenis dan Cara Penggunaan

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *