Gergaji Kayu Tangan atau Handsaw : Deskripsi serta Jenis dan Cara Kerja

Author: No Comments Share:

Gergaji Tangan (Handsaw)

Gergaji adalah alat perkakas yang material dasarnya besi yang tipis dengan ujungnya berbentuk seperti gigi tajam yang. Fungsinya untuk memotong atau membelah kayu, logam dan benda dengan material lainnya. Benda seperti kayu, besi, pipa dan triplek adalah bahan yang sering dipotong dengan gergaji. Bahkan gergaji menjadi salah satu alat wajib dalam dunia pertukangan.

Secara umum bentuk gergaji memiliki gigi kecil dengan sisi yang tajam. Terdapat beberapa jenis gergaji, salah satunya gergaji kayu tangan atau yang disebut handsaw. Gergaji jenis ini adalah geraji yang paling sering ditemukan dan dimiliki semua orang. Walaupun memiliki bentuk yang sama, sebenarnya gergaji tangan atau handsaw terbagi menjadi 2 jenis, gergaji belah dan gergaji potong. Keduanya jenis ini berbeda dari bentuk mata gergaji dan fungsinya. Gergaji belah dapat digunakan untuk memotong kayu searah serat kayu. Sedangkan gergaji potong untuk membelah potongan serat kayu.

gambar gergaji tangan : wikimedia

 

Jenis, Fungsi Dan Kisaran Harga Gergaji Tangan

1. Gergaji Coping Saw

Gergaji ini berfungsi untuk memotong pola bentuk yang rumit pada triplek atau papan kayu. Bentuknya menyerupai huruf “U” berfungsi untuk mempermudah proses pemotongan pada pola lengkung. Untuk harganya mulai dari Rp 50.000, dan untuk mata gergaji saja sekitar Rp 35.000.

2. Gergaji Handsaw / Ripsaw

Fungsinya adalah untuk memotong dan membelah kayu pada jalur urat searah. Mata gergaji Handsaw tidak dapat diganti, namun hanya bisa diasah dengan kikir yang khusus. Gergaji ini wajib dimiliki, karena selain untuk memotong kayu juga bisa untuk memotong bambu, pipa ataupun triplek. Namun untuk hasil pemotongannya terasa lebih kasar. Harga gergaji jenis ini cukup murah yaitu mulai dari Rp 25.000.

4. Gergaji Backsaw

Gergaji jenis ini memiliki ukuran yang kecil, sangat tepat bila dipakai untuk membuat potongan diagonal seperti untuk membuat sambungan bingkai foto atau lemari. Harga gergaji ini sekitar Rp 85.000 hingga Rp 200.000.

5. Gergaji Fret Saw

Fungsi gergaji ini hampir sama seperti jenis coping saw, yaitu untuk memotong pola atau bentuk yang rumit pada triplek dan papan kayu, pada gergaji ini dapat digunakan pada tingkat pemotongan yang sangat rumit. Harganya berkisar antara Rp 120.000 – Rp 300.000.

6. Gergaji Japanese Saw (Gergaji Jepang)

Fungsi jenis gergaji ini yaitu cukup cocok digunakan untuk memotong kayu dengan hasil lebih halus dan presisi. Gergaji ini agresif dan sangat tipis sehingga tidak memerlukan banyak tenaga saat menggunakannya, pengguna gergaji tidak akan cepat mengalami kelelahan saat memotong kayu. Harga gergaji ini tergolong mahal yaitu mulai dari Rp 600.000.

 

Cara Kerja Kerja Gergaji Kayu Tangan :

  • Prinsip kerjanya yaitu seperti prinsip bidang miring sehingga cara kerjanya adalah daun gergaji dengan menggunakan mata gigi ataupun profil yang menghadap ke bagian depan.
  • Kemudian mengikat benda kerja di bagian kuat dan kokoh.
  • Berikutnya melukis garis dimana tempat gerigi akan melakukan pemotongan. Setelah itu membentuk sudut 45 derajat terhadap permukaan benda kerja.
  • Menarik daun gergaji ke bagian belakang hingga menggores kira-kira pada 3 mm terhadap sisi muka benda .
  • Memotong benda dengan cara mendorong,  kemudian menarik daun gergaji dengan berulang. Pada akhir pemotongan, ujung yang terpotong harus dipegang agar benda kerja tidak pecah atau robek

 

Previous Article

Trolley Barang Atau Hand Truck – Jenis Serta Penggunaan

Next Article

Hand Pallet atau Truk Palet Tangan : Apa itu serta Jenisnya dan Kisaran Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *