Grip Sepeda

Author: No Comments Share:

Fungsi Grip Sepeda

Grip sepeda atau lebih populer dengan hand grip merupakan aksesoris yang krusial untuk dipasang di sepeda. Sesuai dengan artinya Grip berarti pegangan, tetapi dalam bidang ini berarti pelapis bagian pegangan pada stang sepeda. Ini bukan semata- mata mempercantik tampilan sepeda tetapi juga memiliki fungsi sebagai penopang telapak tangan yang lebih nyaman dan merata saat bersepeda.

Stang sepeda biasanya licin jika terkena air ataupun keringat pada bagian pegangan karena pengaruh materialnya, maka dari itu menjadi penting memasang hand grip sebagai pelindung keamanan. Karena akan sangat berbahaya jika pengendara sepeda tergelincir karena lepas kemudi akibat licin ataupun cedera ketika kelamaan di stang yang keras.

 

Jenis Grip Sepeda

Menentukan jenis ini dapat berdasarkan beberapa klasifikasi seperti material bahannya, bentuknya bahkan merk dagangnya, di pembahasan ini jenis grip sepeda berdasar materialnya dibedakan berdasar bahan yang digunakan, biasanya ada yang kulit, ada yang silikon, karet dan spon. Pilihan material ini biasanya dipilih berdasar kenyamanan dan kebutuhan pengguna sepeda, untuk sepeda santai tentu berbeda dengan sepeda olahraga, atau MTB.

Klasifikasi lainnya adalah berdasarkan bentuknya , ada grip sepeda yang memiliki bentuk ergonomis biasanya cenderung berbentuk biasa sesuai bentuk stang, ada yang membulat. Selain itu ada bentuk grip yang menyerupai tanduk. Grip tanduk ini sangat kompatibel untuk dipasang pada sepeda touring atau sepeda gunung. Penggunanya harus dapat menyesuaikan derajat merunduk saat bersepeda dengan posisi grip nya.

 

Cara Memasang Grip Sepeda

Dalam pemasangan atau bahkan pelepasan grip pada sepeda terkadang sulit dilakukan secara mandiri dan harus menggunakan jasa bengkel sepeda agak lebih mudah dan praktis. Beberapa kesulitan ini bukan berarti tidak dapat dilakukan, tetapi lebih disarankan untuk memperhatikan dengan baik langkah atau bahkan tips jitu untuk memasang atau melepasnya.

Sebelum di pasang basahi bagian stang untuk pemasangan grip, begitu juga dengan bagian atau sisi dalam grip nya. Masukan secara perlahan stang kedalam gripnya, saat air mengering maka ini seperti sudah rapat dan terkunci. Tetapi harus diperhatikan bahwa ukuran grip yang akan dipasang memang sesuai diameternya dengan stang. Hal seperti memberi air atau pelumas juga berlaku pada proses pelepasan grip.

 

Previous Article

Gunting Kabel

Next Article

Pompa Hidroponik

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *