Gulungan Pancing : Kisaran Harga Beserta Jenis dan Penggunaannya

Author: No Comments Share:

Gulungan Pancing (Fishing Reel)

Gulungan pancing atau yang disebut dengan fishing reel adalah alat yang memiliki bentuk silinder yang mana alat ini terpasang pada pancing yang kita gunakan dalam jalur pemuntir dan penyimpanan. Dengan adanya reel maka akan dapat memudahkan kita keluar masuknya senar pada saat kita melempar dan menggulung senar.

Penggunaan

Alat ini berfungsi untuk menggulung tali senar pada saat kita memnacing. Penggunaannya tergantung pada teknik kita saat memancing. Yang dipertimbangkan adalah pemilihan reel penggulung dan bahannya.

gambar gulungan pancing model baitcasting : wikipedia

Jenis Gulungan Pancing

  1. Reel Spinning : dapat digunakan hampir semua lokasi kita untuk memancing. Dapat digunakan untuk teknik casting, pooping, dasaran, pasiran, karangan dan fly fishing. Jenis ini adalah salah satu jenis yang banyak kita temukan atau digunakan oleh pemancing karena reel ini sangat mudah saat dioperasikan atau digunakan.
  2. Reel Baitcasting : jenis ini dirancang untuk memancing dengan tekning casting. Jenis ini termasuk dalam katagori reel overhead atau  reel yang dudukannya diatas joran atau alat pancing. Jenis ini membutuhkan kontrol dan feeling yang cukup bagus, terutama pada saat melakukan pengereman.
  3. Reel Trolling : pada jenis ini memuliki kelebihan drag yang lebih tinggi dan khusus untuk memancing dengan teknik trolling. Reel trolling memiliki bobot yang lebih berat dari kedua jenis lainnya. Hal ini bertujuan agar dapat memuat lebih banyak senar dan lebih efektif.

Cara kerja gulungan pancing

Prinsip kerja dari drag reel adalah dapat mengunci spool reel dengan kekuatan yang dimiliki jenis reel tertentu, semakian kencang kita dapat mengunci spool itu artinya kita dapat melakukan settingan drag dengan kekuatan yang lebih tinggi sehingga akan berputar jika senar dapat kita tarik dengan tenaga yang besar.

Kisaran harga gulungan pancing

  • Reel Spinning dibandrol dengan harga mulai dari Rp 90.000 hingga Rp 300.000, bahakan ada juga yang memiliki keunikan sendiri hingga harganya mencapai Rp 600.000.
  • Reel Baitcasting dibandrol mulai harga Rp 400.000 hingga mencapi Rp 3.000.000.
  • Reel Trolling dibandrol dengan harga Rp 120.000 hingga mencapai Rp 2.800.000.

Harga diatas dapat berubah dan berbeda pada setiap toko yang akan anda kunjungi.

Previous Article

Benang Rajut Wol / Wool : Jenis Penggunaan dan Kisaran Harga

Next Article

Multi Efek Gitar Elektrik : Penggunaan serta Kisaran Harga

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *