Gunting Kabel

Author: No Comments Share:

Gunting Kabel

Gunting kabel merupakan salah satu alat yang kita butuhkan pada saat berususan dengan kabel. Gunting ini memiliki bentuk yang bermacam – macam, ada juga yang berbentuk seperti gunting biasa pada umumnya. Gunting kabel memiliki fungsi khusus yang tidak dimiliki oleh gunting biasa, gunting ini dapat berfungsi untuk mengupas kabel dengan ukuran 0,5 – 4 mm. Bilah gunting ini  terbuat dari bahan stainless steel yang memiliki ketajaman yang cukup terasah sehingga sangat efektif sekali digunakan untuk memotong kabel yang memiliki ukuran yang cukup kecil. Memiliki bagian ganggang gunting yang terbuat dari bahan nilon yang berkualitas sehingga tidak licin apabila kita gunakan.

 

Jenis dan Harga Gunting Kabel

Berikut ini Toolbox berikan informasi singkat mengenai jenis daripada Gunting kabel yang umum digunakan dan umum dijual di pasaran. Selain itu, Toolbox.id berikan juga kisaran harga pasaran dari gunting kabel. Kisaran harga yang ditampilkan merupakan survey dan pengamatan singkat dari harga yang ada di marketplace online sehingga harga di toko fisik tentu akan berbeda. Membeli lewat toko fisik akan memberikan kelebihan dimana kita dapat melihat langsung barang yang kita beli. Berikut jenis dan kisaran harga gunting kabel yang Toolbox rangkum:

 

1. Cable cutting plier

Tipe ini adalah tipe yang paling umum kita jumpai, mempunyai bentuk pegangan seperti tang dan memiliki pisau pemotong pada bagian atasnya. Kelebihan yang dimiliki oleh tipe ini adalah memiliki harga yang terjangkau, dan pengoperasiannya juga cukup mudah. Harga yang dipatok adalah sekitar Rp. 14.000 – Rp 50.000.

 

2. Tang Ratchet

Pada tipe ini dapat memudahkan kita untuk memotong kabel yang tebal tanpa mengeluarkan tenaga yang banyak. Hal ini dapat dilakukan oleh tipe gunting kabel jenis ini karena memiliki mekanisme ratchet, sehingga roda gigi dapat berputar satu arah saja. Jenis ini dapat memotong kabel hingga ketebalan 30 mm, oleh karena itu tipe ini biasa digunakan oleh tenaga ahli. Harganya sekitar Rp. 300.000 – Rp. 1.000.000.

 

3. Gunting Kabel Elektrik

Diantara semua tipe, tipe elektrik ini adalah tipe yang paling baik atau yang paling kuat, hal ini dikarenakan tipe ini dapat memotong kabel dalam jumlah yang cukup banyak. Walaupun memiliki cara kerja yang sangat baik, tipe ini mematok harga yang cukup mahal. Dan inimalah yang menjadi salah satu kekurangan yang dimiliki tipe ini. Harganya sekitar Rp. 2.000.000 – Rp. 3.500.000.

 

Tips Memilih Gunting Kabel

  • Pilihlah gunting kabel sesuai dengan ketebalan kabel yang akan kita gunting.
  • Karena setiap tipe kabel akan memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing sehingga sangat dianjurkan untuk memilihnya sesuai kebutuhan kita.
Previous Article

Cat Tembikar

Next Article

Grip Sepeda

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *