Gunting Sasak atau Gunting Zig Zag Rambut

Author: No Comments Share:

Gunting Sasak atau Thinning Scissors / Shears

Saat melakukan pekerjaan mencukur, seringkali kita harus menyesuaikan keinginan pelanggan. Setiap orang memiliki karakteristik rambut yang berbeda-beda. Ketika kita akan melakukan pencukuran pada rambut yang terbilang tebal dan bervolume, maka kita memerlukan alat cukur yang pas untuk dapat menjadikan volume rambut ramping dan berkurang. Gunting sasak atau gunting zigzag adalah alat cukur yang digunakan untuk merampingkan dan mengurangi volume rambut. Dalam bahasa inggris, gunting ini juga disebut sebagai Thinning scissors atau gunting penipis. Gunting sasak berbentuk seperti gunting cukur biasanya, hanya saja pada satu bagian mulut terdapat gerigi-gerigi yang berfungsi sebagai penipis volume rambut sementara satu bagian mulut gunting merupakan pisau biasa.

 

Penggunaan Gunting Sasak

Penggunaan gunting sasak dapat diaplikasikan pada bagian rambut yang volumenya mau ditipiskan atau dikurangi. Gunting ini akan memotong sebagian rambut yang digunting dan membiarkan sisanya tetap utuh, menghasilkan hasil potong zig zag pada rambut sesuai namanya yaitu gunting zig zag.

 

Jenis Gunting Sasak

Terdapat beberapa jenis gunting sasak yang dapat dibedakan menurut ukuran dan rentan gerigi juga bentuk mulut gunting. Secara singkat, terdapat jenis-jenis gunting sasak sebagai berikut:

  1. Gunting Sasak Satu Sisi. Dimana gunting ini memiliki gerigi di satu sisi guntingnya, sedangkan pada sisi satunya berbentuk pisau gunting biasa. Biasanya gunting ini merupakan yang sangat umum digunakan untuk keperluan mencukur.
  2. Gunting Sasak Dua Sisi. Gunting sasak ini memiliki gerigi di kedua sisi mulut gunting, Biasanya digunakan untuk yang mau memiliki potongan rambut yang lebih halus. Biasa digunakan pada anak-anak dan juga orang tua.
  3. Gunting Sasak Penampang Lebar. Gunting sasak ini memiliki penampang mulut gunting yang cukup lebar. DImana biasanya gunting ini dipergunakan pada rambut yang tebal dan bertekstur bergelombang. Gunting ini memiliki gerigi di kedua sisi mulut gunting. Gunting Sasak ini juga seringkali digunakan oleh groomer anjing untuk mendapatkan terkstur cukuran rambut anjing yang dikehendaki.

 

Kisaran Harga Gunting Sasak

Gunting sasak memiliki harga yang bermacam-macam. Biasanya harga gunting berbanding lurus dengan kualitas dan bahan gunting sehingga harga yang tinggi memiliki kualitas dan daya tahan lama yang lebih baik. Kisaran harga gunting sasak ialah Rp 25.000 untuk gunting dengan bahan dan kualitas standar hingga Rp 150.000 untuk gunting dengan kualitas dan bahan yang baik.

Previous Article

Tenda Anak : Cara Memilih dan Jenis

Next Article

Parafin – Cara Penggunaan, Keunggulan dan Kisaran Harga

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *