Hand Stacker – Jenis dan Cara Kerja

Author: No Comments Share:

Hand Stacker

Hand stacker merupakan alat untuk memindahkan serta mengangkat barang dengan kapasitas besar dalam industri. Alat yang dapat dioperasikan oleh satu operator ini menjadi salah satu pilihan paling efektif , praktis dan maksimal bagi pelaku industri. Berdasarkan jenisnya hand stacker dapat dibedakan kedalam 3 jenis yaitu;

 

  • Hand Stacker Manual. Dimana dilakukan cara kerja hidrolik yang dioperasikan dengan pemompaan manual ketika mengangkat garpu dan memaju mundurkan. Hand stacker jenis ini memiliki kapasitas angkut sebanyak 1 sampai 2 ton, dengan tinggi angkatan 1,6 meter sampai dengan 3 meter.
  • Hand Stacker Semi Elektrik. Dioperasikan dengan baterai untuk penggerak garpu untuk dapat naik turun secara otomatis. Tetapi pergerakan alat untuk berpindah dilakukan secara manual. Kapasitas yang dimiliki hampir sama dengan yang manual hanya ketinggiannya sedikit lebih tinggi sekitar 0.5 meter.
  • Hand Stacker Elektrik. Dioperasikan menggunakan daya baterai secara full electric baik dalam mengangkat maupun memindahkan. Kapasitas beban yang diangkut sekitar 1 sampai 1,5 ton dengan rata- rata ketinggian dari 2,5 sampai 5 meter. Hand stacker yang satu ini cocok untuk menyusun material ke arah vertikal.

 

Terdapat dua jenis lainnya yang sebenarnya hanya memiliki sedikit perbedaan dengan salah satu dari ketiganya, Portable Stacker Manual, yang sesuai namanya ini sama persis dengan hand stacker manual hanya saja kapasitas yang dimiliki di bawah rata- rata yaitu sekitar 400 kg, dengan ketinggian antara 1 sampai 1,5 meter. Straddle Stacker, hanya merupakan salah satu varian yang memiliki bentuk kaki lebih lebar dibanding standar stacker yang lain.

 

Cara Kerja Hand Stacker

Hand stacker bekerja dengan sistem hidrolik seperti kinerja pompa hidrolik maupun dongkrak, diperlukan energi dan tenaga untuk memompa sehingga garpu dan mesin dapat bergerak. Garpu pada Hand starker dapat digerakkan naik dan turun untuk mengangkat barang atau benda tertentu, sedangkan pompaan lainnya dapat menjadi penggerak alat ini untuk berpindah dari satu titik ketitik lain untuk memindahkan barang. Energi yang dibutuhkan juga bergantung pada kapasitas dan tinggi yang akan dicapai, sehingga penting untuk memilih dengan benar hand stacker yang mana yang tepat untuk kebutuhan, sehingga dapat berfungsi efektif dan efisien.

Previous Article

Lampu Sepeda – Jenis dan Kegunaan

Next Article

Keranjang Sepeda – Kegunaan dan Jenis

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *