Helm Sepeda atau Bicycle Helmet

Author: No Comments Share:

Helm Sepeda

Helm sepeda merupakan perlengkapan keselamatan yang wajib dimiliki dan digunakan bagi seseorang yang hendak melakukan kegiatan bersepeda. Fungsi utama dari helm sepeda ini adalah mengurangi risiko luka parah pada saat pesepeda mengalami kecelakaan, terutama luka pada bagian kepala. Saking pentingnya perlengkapan satu ini, helm sepeda didesain bukan saja hanya untuk orang dewasa, tetapi juga untuk anak kecil dengan ukuran helm yang lebih kecil.

 

Kegunaan Helm Sepeda

Kegunaan utama helm sepeda adalah mengurangi akselerasi kepala ketika pesepeda mengalami kecelakaan, sehingga akan mengurangi dampak yang timbul dari kecelakaan tersebut. Helm sepeda di banyak tempat merupakan perlengkapan yang wajib dipakai saat sedang bersepeda. Tetapi ada beberapa ketentuan juga yang melarang penggunaan helm sepeda untuk anak kecil jika sedang bermain di taman anak-anak (playground) dan tidak sedang bersepeda, untuk mengurangi kemungkinan dagu anak terjerat helm sepeda tersebut.

 

Jenis Jenis Helm Sepeda

Terdapat beberapa jenis helm sepeda dilihat dari penggunaannya dan peruntukannya, seperti berikut:

  • Helm Sepeda tipe Road: Dimana helm ini yang paling banyak digunakan. Diperuntukan untuk pesepeda jalanan dan sepeda balap jalanan. Biasanya bentuknya lebih lancip dengan lubang ventilasi dan dilapisi di bagian luar dengan plastik ringan.
  • Helm Sepeda tipe Commuter: Helm ini diperuntukan bagi pesepeda komuter dan memiliki bentuk yang lebih bundar dan biasanya dilengkapi dengan perlengkapan penunjang komuter, seperti lampu sein dan kaca spion.
  • Helm Sepeda tipe Trail: Biasanya terdapat tambahan pengaman belakang kepala yang memungkinkan kepala bagian atas dan belakang pemakai tetap aman ketika terjadi kecelakaan saat sedang melakukan trail.
  • Helm Sepeda tipe Enduro: Jenis ini lebih mengutamakan akselerasi dan dengan begitu mengkompensasi proteksi keselamatan. Biasanya helm ini digunakan bagi pesepeda gunung / hill racing. Bahannya dibuat lebih ringan dengan ventilasi yang didesain sesuai kebutuhan akselerasi pesepeda.

 

Harga Helm Sepeda

Harga dari helm sepeda cukup bermacam-macam, tergantung pada brand produksi yang biasanya berbanding lurus dengan material dan durabilitas pemakaian helm. Harga helm sepeda berkisar dari mulai Rp 200.000 sampai Rp 500.000 untuk yang basic, hingga Rp 700.000 sampai Rp 1.500.000 untuk yang lebih brandable dan durable dan lebih dari Rp 1.700.000 untuk helm sepeda profesional. Selalu perhatikan material untuk mendapatkan helm sepeda dengan kualitas yang baik, sehingga ketahanan produk dapat bertahan lama.

Previous Article

Lem Tembak atau Hot Melt

Next Article

Pompa Ban Sepeda

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *