Hole Punches – Alat Pembuat Lubang Pada Kerajinan Kulit

Author: No Comments Share:

Hole Punch atau Screw Punch

Lubang pada bagian kerajinan kulit merupakan elemen yang sangat penting. hampir setiap kerajinan kulit dengan tingkat kerumitan sedang hingga tinggi memerlukan apa yang disebut lubang pada bagian tertentu kerajinan kulit. Ambil saja contoh pada gesper atau sabuk dimana lubang diperlukan dan berfungsi sebagai elemen penting atau misalnya tali jam tangan yang memiliki fungsi lubang sama seperti pada gesper. Untuk membuat lubang yang baik dan rapi pada media kulit, diperlukan suatu alat khusus agar hasil akhir lubang memiliki bentuk yang sempurna sesuai untuk penggunaannya nanti. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk membuat lubang pada media kulit ialah Hole Punches.

 

Kegunaan Hole Punches

Hole Punch memiliki kegunaan untuk membuat lubang pada media kulit yang biasanya memiliki mata punches yang berbeda beda sesuai ukuran yang diinginkan dan dapat diganti-ganti dengan mudah. Hole Punches sangat cocok digunakan untuk menghasilkan diameter lubang tertentu untuk keperluan utility barang kerajinan kulit. Hole Punches berbeda dengan chisel, dimana chisel berfungsi untuk melubangi media kulit untuk keperluan menjahit sedangkan hole punches untuk keperluan utilitas dari barang itu sendiri.

 

Alat Pembuat Lubang Kerajinan Kulit

 

Cara Kerja Hole Punches

Cara kerja hole punches cukup sederhana. Kita hanya perlu memilih mata punches sesuai ukuran dan tipe untuk kemudian ditempelkan diatas media kulit yang akan dilubangi diatas alas padat. Secara singkat, prosesnya seperti berikut:

  1. Pilih dan masukan mata punches sesuai ukuran dan tipe kemudian kunci dengan kuat.
  2. Tempatkan hole punches diatas kulit yang ingin di lubangi.
  3. Tempatkan kulit diatas media barang padat dan keras agar punches dapat bekerja.
  4. Tekan hole punches hingga lubang timbul pada media kulit.

Biasanya hole punches memiliki aliran buangan keluar bekas lubang kulit, sehingga untuk mengeluarkan potongan kulit untuk melubangi media utama tidak perlu sampai mengeluarkan mata punches. Selain jenis punches dengan mata yang dapat diubah, terdapat juga jenis fixed hole punches dengan mata dan pegangan punches yang menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisah atau jenis hole punches yang berbentuk seperti obeng untuk memudahkan pekerjaan.

 

Kisaran Harga Hole Punch

Kisaran harga hole punch ialah berkisar Rp 160.000 sampai Rp 200.000 untuk punches standar penggunaan dan Rp 300.000 hingga lebih untuk punches dengan merek tertentu. Biasanya dengan pembelian set leathercraft tools kita dapat memiliki hole punch dengan harga yang relative lebih murah ketimbang membeli satuan.

Previous Article

Palette atau Palet Lukis

Next Article

Jarum Jahit dan Stitching Awl Kerajinan Kulit

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *