Jangka Kompas atau Compass – Jenis dan Cara Penggunaan

Author: No Comments Share:

Jangka Compass atau Jangka Kompas

Jangka Compass atau bias disebut juga jangka Tusuk mempunyai sepasang kaki berujung lancip. Bila dalam keadaan tertutup ke dua ujung kaki tadi berimpit dan sama panjang. Jangka tusuk digunakan untuk menggambar lingkaran pada benda kerja dan untuk memindahkan jarak dari alat ukur (atau benda satu) ke benda lain.

 

Kegunaan Jangka Compass

Alat Kerja yang di gunakan untuk mengukur diameter dan membuat lingkaran serta dapat juga mengukur ketebalan dikarenakan banyak jenis dan banyak pula fungsi dari jangka ini.

 

Jenis Jangka Kompas

Dalam hal ini ada 3 jenis Jangka ada jangka Tusuk yang sering di jumpai di sekolah untuk menggambar lingkaran dan ada Jangka kaki dan Jangka Bengkok. Berikut penjelasan dari masing-masing jenis jangka:

  1. Jangka tusuk

Dengan memutar mur penyetel maka jarak bukaan kaki jangka dapat diatur sedemikian rupa menurut ukuran yang dikehendaki. Untuk menentukan ukuran bukaan kaki pada jangka itu digunakan mistar ukur. Tempatkan ujung kaki – kaki pada alur guratan. Pindahkan ukuran itu kebidang yang akan dilukis.

  1. Jangka bengkok

kaki jangka bengkok berbentuk melengkung dengan radius yang sama. Jangka bengkok digunakan untuk mengukur diameter luar atau ukuran luar suatu benda. Alat ini terdiri dari sepasang kaki bengkok, per penekan dan sebuah mur baut sebagai pengatur.

Jangka bengkok sering digunakan karena mudah dalam penggunaannya (cara mengaturnya). Hasil ukuran harus dikonversikan dengan alat ukur mistar, meteran, atau siku-siku.

  1. Jangka kaki

Fungsi jangka kaki adalah untuk mengukur diameter dalam (diameter lubang) atau lebar suatu celah. Kakinya berbentuk lurus dengan ujung menonjol ke luar. Hasil pengukuran harus dikonversikan dengan alat ukur mistar, meteran atau siku-siku.

 

Cara Menggunakan Jangka Kompas

  1. Bentangkan kedua kaki jangka tusuk sesuai keinginan
  2. Tancapkan salah satu kaki jangka yang berfungsi sebagi tumpuan pada saat proses pengerjaan
  3. Bila kita akan membuat lingkaran, maka aturlah kedua kaki jangka sesuai lebar lingkaran yang diinginkan
  4. Bila sudah pegang bagian ujung jangka atau kepala jangka kemudian ditekan dan diputar kaki jangka yang satunya bisa  menggores benda kerja.

 

Kisaran Harga Jangka Compass

Harga nya cukup berfarian dan mengikuti fungsi dari jangka itu sendiri

  1. Rotring Ziegel Compass Set di bandrol dengan harga Rp.130.000 dikarenakan pas dan dilengkapi peralatan yang komplit.
  2. Jangka bengkok 6inci Dibandrol dengan harga Rp. 150.000 alat ini terbuat dari besi cocok dan awet digunakan di bengkel.
Previous Article

Gergaji Besi – Jenis dan Cara Penggunaan

Next Article

Jangka Sorong – Jenis dan Cara Penggunaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *