Jangka Sorong – Jenis dan Cara Penggunaan

Author: No Comments Share:

Jangka Sorong

Jangka Sorong Adalah Alat Ukur yang ketelitiannya dapat mencapai seperseratus milimeter, terdiri dari dua bagian, bagian diam dan bagian berger, akan tetapi pembacaan hasil pengukuran sangat bergantung pada keahlian dan ketelitian pengguna maupun alat.

 

Penggunaan Jangka Sorong

Alat Jangka sorong pada umumnya digunakan untuk mengukur 3 bagian seperti diameter luar diameter dalam dan kedalaman suatu celah atau lubang dengan menggunakan ujung dari bagian alat ini dengan akurasi hingga 0,01 mm. Alat ini cocok digunakan pada saat melakukan pengukuran benda yang membutuhkan tingkat akurasi dan kepresisian yang tinggi.

 

Jenis Jangka Sorong

  1. Jangka Sorong Digital : Jangka Sorong ini Jenisnya (Vernier Caliper Digital) memiliki layar digital yang dapat muncul nilai benda yang diukur tanpa harus menghitung secara manual, dengan menggunakan jangka sorong jenis ini akan mempermudah dan mempercepat mengukur benda benda (objek) yang ingin diukur.
  2. Jangka Sorong Analog : Jangka Sorong Analog memiliki presisi yang lebih mempuni dan cocok untuk pelajar karena harus menghitung dan terbukti presisi, bahkan tingkat ketelitiannya 0,005 cm, sehingga kita harus membaca secara tepat agar tidak salah.

 

Cara Menggunakan Jangka Sorong

  • Geser Rahang Sejauh Ukuran benda (objek), Rahang yang tidak Fix digeser sejauh ukuran benda, setelah itu geser lagi ke arah benda dan pastikan tidak ada jarak atau kedua rahang menyentuh dan menjepit benda.
  • Kunci/Rapatkan Screw Lock, Setelah posisi rahang sudah menyentuh benda, langkah selanjutnya adalah mengunci screw lock. Tujuannya adalah agar hasil ukuran yang dilakukan ini tidak berubah jika ada getaran, tersenggol dan dapat kita catat dengan nilai yang sesuai.
  • Membaca Nilai jangka sorong, Langkah ini harus dengan ketelitian dan presisi yang pas dan paten, lalu lihat dan baca betul-betul nilai yang ditunjukan pada skala utama.

 

Harga Jangka Sorong

  • Harga Jangka Sorong tergantung dari alat itu sendiri karena banyak model dan varian nya ada yang digital dan ada yang Analog atau manual.
  • Harga jangka Sorong Digital Berkisar Rp. 330.000 harga pada umumnya segitu dikarenakan dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan bagi si pengguna dan model ini menggunakan baterai yang cukup awet serta tahan lama.
  • Harga Jangka Sorong Manual (Analog) Berkisar Rp.100.000 Lebih murah karena harus menghitung sendiri ketika mengukur , tetapi untuk masalah presisi ini lebih mempuni karena kita sendiri sebagai manusia yang mengitung nya.
Previous Article

Jangka Kompas atau Compass – Jenis dan Cara Penggunaan

Next Article

Air Purifier – Penjernih Udara Ruangan Penghilang Bakteri

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *