Jarum Jahit Kulit Luka dan Bedah Medis

Author: No Comments Share:

Jarum Jahit Kulit

Jarum jahit kulit adalah jarum yang digunakan oleh tim medis untuk menjahit luka yang terjadi pada kulit kita. Jarum jahit kulit atau yang dikenal dengan jarum bedah berfungsi untuk mengantarkan benang  pada saat kita melakukan penjahitan pada luka akibat proses operasi. Pada umumnya jarum ini terbuat dari bahan logam atau stainlees steel. Terdapat 3 bagian dalam jarum yaitu ujung jarum, badan, dan mata jarum.

Penggunaan

Alat ini berfungsi sebagai salah satu alat yang menunjang proses penjahitan setelah melakukan operasi. Jarum ini penggunaannya cukup dibutuhkan dan sangat berperan aktif dalam penyembuhan luka dan tidak merusak jaringan pada kulit kita.

Jenis Jarum Jahit Kulit (Jarum Bedah)

  • Jarum Lepas. jenis jarum ini memiliki resiko jarum dapat berkarat sehingga dibutuhkan sterilisasi. Harganya lebih murah dari jenis yang atraumatik. Tidak menyatu dengan benang bedah sehingga dapat terjadi resiko benang yang terlepas dari jarum. Dan membutuhkan perawatan pada ujung jarum.
  • Jarum atraumatik. jenis jarum ini jika digunakan tidak akan menimbulkan kerusakan jaringan dan tidak menyebabkan trauma. Jarum ini menyatu dengan benang bedahnya, kelebihannya jarum jenis ini yaitu bebas dari karat dan dijamin steril. Penggunaannya cukup sekali pakai langsung buang.

Cara Kerja Jahit Kulit (Jarum Bedah)

Pada saat akan menjahit luka dengan jarum bedah, maka langkah awal kita dapat menyipkan alat yang berhubungan dengan penjahitan luka. Salah satunya adalah jarum bedah atau jarum jahit kulit. Kita dapat memasukkan benang jahit pada mata jarum, setelah itu memasukkan jarum secara tegak lurus pada permukaan kulit, lalu jarum kita masukkan hingga ke dalam jaringan epidermis kulit. Kemudian, kita dapat mengarahkan jarum ke arah pinggir luka yang lain dan diarahkan ke atas hingga jarum dapat keluar.

Harga Jahit Kulit (Jarum Bedah)

  • Harga jenis jarum lepas dibandrol dengan harga Rp 20.000 hingga Rp 30.0000
  • Harga jenis jarum atraumatik dibandrol dengan harga Rp 170.000.

Harga diatas dapat berubah dan berbeda pada setiap toko yang akan anda kunjungi.

Previous Article

Tips Memilih Kuas Lukis dan Jenis serta Kisaran Harga

Next Article

Benang Rajut Wol / Wool : Jenis Penggunaan dan Kisaran Harga

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *