Jenis Jenis Tang

Author: No Comments Share:

Ada banyak jenis perkakas tukang atau perkakas bangunan yang biasa digunakan, salah satunya adalah tang. Jenis – jenis tang sendiri ada banyak. Biasanya tang digunakan untuk memotong, melepas, menahan atau memasang bahan kerja berat seperti tukang bangunan atau pekerja proyek.

Mengenai bahan pembuatannya, jenis perkakas ini terbuat dari bahan berupa baja atau besi. Untuk membuat pekerjaan jadi lebih nyaman, gagang tang biasanya menggunakan material karet sehingga bisa digunakan atau dipegang dengan mudah. Berikut apa saja jenis – jenis tang untuk mendukung beragam aktivitas kerja!

Jenis – Jenis Tang

Berikut secara singkat toolbox.id paparkan mengenai jenis-jenis tang dan deskripsi singkat dari tang tersebut:

Side Cutting Plier

Bahan kerja ini merupakan tang dengan ujung rahang dibuat tajam. Bagian kepalanya berbentuk lonjong dan rapat serta tidak berlubang.

Long Nose Plier

Ujungnya panjang dan runcing. Bentuknya sekilas mirip dengan mulut ikan cucut dan biasanya tang ini juga disebut sebagai tang mulut buaya.

Locking Plier

Jenis – jenis tang yang rahangnya berbentuk bulat. Tang ini juga memiliki ciri khas lubang bergerigi pada bagian penjepitnya dan di bagian belakangnya terdapat skrup pemutar. Fungsi skrup pemutarnya adalah untuk mengatur lebar dan kecilnya rahang.

Rivet Plier

Jenis tang ini bentuknya sangat berbeda jauh dari bentuk tang secara umum. Ujung alatnya tidak memiliki penjepit sebagaimana bentuk tang pada umumnya. Pada bagian ujungnya hanya berbentuk batang menyamping.

Circlip Plier

Circlip plier merupakan tang dengan ujung yang runcing dan panjang. Circlip plier memiliki dua jenis yaitu circlip plier dengan ujung runcing dan lurus serta circlip plier dengan bagian ujung membengkok.

Combination Plier

Tang ini sangat umum digunakan di Indonesia khususnya karena multifungsi. Combination plier memiliki ciri khas lubang di bagian tengah penjepit kemudian lubang tersebut memiliki gerigi dan secara umum lubangnya berbentuk bulat atau pun oval.

Catut

Catut juga termasuk ke dalam jenis plier yang bentuknya identik dengan ujung membulat dan tidak dibuat tajam. Ujungnya dibuat menyerupai paruh burung kakatua. Sama dengan combination plier, jenis tang ini juga seringkali digunakan.

Water Pump Plier

Pekerjaan yang berkaitan dengan pipa umumnya menggunakan jenis tang ini dengan ciri khas yang di bagian tengahnya memiliki beragam slot atau pin. Slot tersebut berguna untuk menggeser ujung atau rahang dan difungsikan untuk menyesuaikan ukuran pipa. Semakin dalam slot tergeser, maka ukuran bukaan rahangnya juga semakin besar.

Slip Joint Plier

Slip joint plier seringkali digunakan pada motor atau mobil dan alat ini memiliki ujung berbentuk pipih serta memiliki gerigi di bagian tengah rahang. Sambungan slip pada tang ini bersifat fleksibel dengan ukuran rahang yang bisa diatur.

Wire Stripper

Apa yang dimaksud dengan wire stripper? Tang jenis ini dipakai biasanya untuk memotong dan mengupas kabel. Rahang wire stripper memiliki 2 jenis. Rahang pertama di bagian depan dipakai untuk mengunci terminal kabel.

Rahang kedua memiliki beberapa lubang dengan ukuran diameter yang berbeda dan biasanya digunakan untuk mengupas kabel.

Press Hidrolik Plier / Crimping Tool

Bagian penjepit dari tang ini tidak terdapat di bagian ujung melainkan terdapat di bagian tengah rahang. Bentuknya memiliki bagian lubang kecil di tengah.

Manual Press Plier

Apa itu manual press plier? Jadi manual press plier merupakan bagian dari crimping tool yang bentuknya berbeda di bagian ujung rahang. Akan Anda temukan gerigi berbentuk zigzag di sana.

Round Nose Plier

Round nose plier merupakan tang dengan ujung rahang tajam serta runcing. Kedua sisi penjepit ini sendiri berbentuk bundar atau silinder dan bukan kotak atau pipih.

Clamp Meter

Terakhir ada jenis – jenis tang bernama clamp meter yang menemukan sebuah alat pengukur tegangan arus listrik atau ampere meter. Ujung alat yang satu ini sangat unik karena menyerupai capit kepiting.

Itulah sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda terkait jenis – jenis tang. Semoga ulasan yang kami bagikan di atas menjadi ulasan yang bermanfaat.

 

Previous Article

Merk Alat Pancing Bagus Rekomendasi

Next Article

Jenis Kabel Listrik Fungsinya

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *