Klem F dan Klem C – Penggunaan dan Kisaran Harga

Author: No Comments Share:

Dalam dunia perkayuan, kita mengenal istilah klem. Klem sendiri ada banyak jenisnya. Kita juga sering mengenal istilah Klem F dan Klem C. Lantas, yang dimaksud klem itu sendiri apa sih sebenarnya dan bagaimana dengan Klem F dan Klem C?

Jadi klem merupakan sebuah alat bantu yang penting untuk membuat suatu karya dari kayu karena fungsinya akan membantu Anda mempertahankan posisi objek kerja ketika akan dilakukan pengeleman, pengukuran dan proses penyatuan.

Sementara untuk jenis klem yaitu klem F dan klem C akan kami bahas dalam ulasan berikut ini, jadi cek informasinya!

Klem F dan Klem C

Klem C merupakan jenis klem yang berbentuk menyerupai huruf C. Klem jenis ini memiliki sistem pengencangan dengan menggunakan drat atau ulir yang bisa disesuaikan. Sementara fungsinya, klem C digunakan untuk mengikat benda kerja dalam proses pengerjaan kayu, woodworking atau konstruksi agar kondisinya stabil dan kuat.

Sementara klem F merupakan jenis klem yang bentuknya menyerupai huruf F dan memiliki ukuran yang beragam. Ada klem F yang berukuran 20 cm sampai dengan 150 cm. Sistem pengencangan klem F menggunakan drat atau ulir.

Klem F ini memiliki jenis yang biasa disebut dengan quick release clamp dan jenis klem ini memiliki tombol serta tuas yang dimanfaatkan untuk release atau melakukan penyesuaian terhadap ketebalan dan panjang kayu dalam proses woodworking.

Penggunaan Flem F dan Klem C

Pengggunaan baik klem F atau pun klem C tergantung kebutuhan. Biasanya dalam kaitannya dengan proses woodworking dan konstruksi selalu dibutuhkan dan disediakan berbagai jenisnya.

Terkait jenis dan fungsi dari klem, sebenarnya klem tidak hanya terdiri atas klem F dan juga klem C saja yang penting untuk membantu dalam proses konstruksi dan woodworking saja seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Klem juga ada yang digunakan dan berfungsi untuk kebutuhan medis dan juga rumah sakit. Namun jenisnya memang berbeda dengan klem untuk woodworking dan konstruksi. Klem  yang dibuat untuk kebutuhan medis dan keperluan rumah sakit biasanya dibuat dengan bahan silver atau stainless steel supaya tidak menyebabkan adanya luka baru ketika terkena tubuh manusia.

Klem untuk kebutuhan medis biasanya diperuntukkan dalam membantu proses operasi khususnya yang dilakukan untuk melakukan rekonstruksi tulang atau pun bagian tubuh lainnya.

Kisaran Harga Klem C dan F

Untuk klem C dan juga Klem F, dibanderol dengan harga sekitar 50 ribu sampai dengan 100 ribu rupiah. Sementara untuk klem yang digunakan untuk keperluan medis dibanderol dengan harga di atas 100 ribu rupiah.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat sampaikan terkait fungsi dari Klem F dan Klem C beserta informasi lain yang berkaitan. Semoga ulasan yang kami bagikan di atas bermanfaat.

Previous Article

Meteran Laser – Cara Menggunakan dan Kisaran Harga

Next Article

Panel Surya Mini Untuk Rumah – Jenis, Cara Kerja, dan Manfaat

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *