Lampu Senter – Deskripsi dan Jenis

Author: No Comments Share:

Lampu Senter

Senter merupakan alat listrik portabel yang dapat menghasilkan sumber cahaya untuk menerangi dan dapat dioperasikan dengan baterai. Biasanya sumber cahayanya dapat berasal dari sebuah bola lampu pijar kecil  yang disebut dengan lampu LED. Rancangan lampu senter biasanya terdiri dari sumber cahaya yang akan dipasang dalam sebuah reflektor parabolik atau  dalam bentuk yang lainnya, sebuah lensa yang transparan berfungsi untuk melindungi sumber cahaya dari kerusakan, sumber energi yang digunakan oleh lampu senter yaitu baterai dan saklar listrik. Arus listrik yang berasal dari baterai bergerak kepada lampu di bagian depan ujung yang dapat menghasilkan cahaya yang dimana cahaya tersebut dikendalikan oleh sebuah saklar dan juga ditempatkan di antara baterai dan juga lampu. Senter pada umumnya dioperasikan di tempat yang gelap untuk menerangi sesuatu di sekitarnya. Senter biasa digunakan oleh siapa saja dalam keadaan gelap, mati lampu, untuk montir, dan sebagainya. Dalam konteks komunikasi, alat ini dapat digunakan untuk menyampaikan kode morse pada kegiatan pramuka.

 

Jenis, Fungsi Dan Kisaran Harga Lampu Senter

Berikut ini adalah beberapa jenis lampu senter dibedakan berdasarkan kegunaannya. Selain itu kami rangkum pula fungsi serta kisaran harga dari masing-masing lampu senter tadi. Berikut jenis lampu senter tersebut:

1. Senter Biasa

senter ini adalah macam senter yang sering kita jumpai disekitar kita, baik digunakan untuk keadaan gelap, maupun untuk membantu pekerjaan manusia. Memiliki bentuk seperti inti tabung seperti biasa. Senter ini memiliki banyak sekali jenis, ada yang menggunakan baterai ada juga yang menggunakan listrik. Untuk harganya berkisar Rp. 30.000 hingga Rp. 100.000.

2. Senter Berburu

Senter ini memiliki banyak mode atau dapat di atur mode terangnya atau jarak nya terdapat putaran atau saklar yang mengatur cahaya nya . cocok sekali untuk berburu dan ada juga yang bisa diikat di kepala layaknya bandana, sangat membantu para pemburu. Harganya berkisar sekitar Rp. 200.000 hingga mencapai Rp. 400.000.

3. Senter Selam

Senter selam merupakan senter yang biasanya kita gunakan untuk menyelam di lautan. Senter ini sangat membantu kita dalam kegiatan menyelam. Dan senter ini terkenal waterproof karena itu cocok sekali di gunakan dalam kegiatan menyelam dan biasanya ada batas tertentu dalam membawa senter ini karena tekanan air semakin dalam akan semakin kuat dan membuat senter ini tidak berfungsi optimal dan bahkan bisa bisa rusak. Harganya berkisar antara Rp. 200.000 sampai dengan Rp.360.000.

 

Cara Kerja Lampu Senter

  • Langkah pertama yang akan kita lakukan adalah, membuka penutup senter untuk mengisi baterainya.
  • Kemudian memasukkan baterainya ditempat baterai. Pastikan posisi baterai sesuai dengan petunjuk agar listrik teraliri nantinya.
  • Lalu kita wajib menutupnya kembali agar baterai tidak lepas. Selain itu agar listrik teraliri dari baterai dengan sempurna.
  • Lalu tekan tombol on untuk menyalakan senter, beberapa jenis senter memiliki fitur pengatur kecerahan senter yang dapat digunakan pada berbagai kondisi dan situasi.
Previous Article

Tang Ampere – Fungsi dan Cara Pakai

Next Article

Lampu Aquarium – Deskripsi dan Macam Jenis

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *