Lampu Sepeda – Jenis dan Kegunaan

Author: No Comments Share:

Lampu Sepeda

Lampu sepeda merupakan salah satu aksesoris yang cukup krusial. Berbeda dengan sepeda motor yang ketika membeli sudah ada lampunya, kalau sepeda harus membeli dan memasangnya secara terpisah dari pembelian sepedanya. Bahkan bisa jadi tidak di beli di toko yang sama, karena lampu pada sepeda merupakan item tambahan atau aksesoris.

Berbicara tentang fungsinya lampu pada sepeda secara umum akan sama dengan lampu pada kendaraan yang lain, meskipun hanya aksesoris tetapi ini penting untuk dipasang, maka dari itu disebut krusial. Lampu sepeda berfungsi sebagai alat keselamatan, karena ini dapat menjadi bantuan pencahayaan sehingga terhindar dari kecelakaan. Pada dasarnya terdapat dua fungsi utama, yaitu agar terlihat dan agar dapat melihat.

 

Jenis Lampu Sepeda

Terdapat beberapa jenis lampu yang bisa dipakai pada sepeda, jenis dari lampu sepeda dapat dibedakan menurut jenis lampu dan kelistrikannya seperti berikut:

  • Lampu halogen, lampu yang satu ini akan menghasilkan cahaya dari setiap filamen yang di aliri listrik. Ini merupakan lampu sepeda generasi awal jika digunakan sekarang menjadi kurang efisien karena kekuatan nya kurang terang dan juga tidak tahan lama meskipun dengan baterai yang bagus.
  • Lampu Xenon atau HID, lampu yang menggunakan gas xenon dialiri listrik sehingga dapat menjadi cahaya yang lebih terang jika dibandingkan dengan lampu halogen. Warna cahaya yang muncul adalah warna putih terang, lampu ini juga memiliki daya yang lebih lama, selain itu tentu harganya lebih mahal.
  • Lampu LED, jenis lampu paling hits saat ini, yang memiliki daya sangat tahan lama sampai sekitar 15.000 jam. Jenis lampu yang satu ini banyak digunakan pada jenis lampu kendaran bahkan lampu jalan dan lampu rumah masa kini. Tentu saja jenis lampu ini lebih terang dari kedua jenis lainnya.

 

Tempat Pemasangan Lampu Sepeda

Lampu depan atau utama, lampu sepeda dipasang pada bagian handlebars atau stang, sehingga menyorot pada bagian depan.

Lampu Helm, lampu yang dipasang pada helm sepeda sebagai lampu sorot sehingga ini dapat menjadi pencahayaan pengemudi sepeda untuk melihat sekitarnya.

Lampu belakang atau samping, ini merupakan lampu tambahan untuk sepeda agar terlihat oleh orang lain, lampu untuk bagian ini tidak harus seterang lampu utama. Biasanya dipasang pada bagian seat post, di atas fender, atau pada jari- jari sepeda. Pada bagian inilah lampu sepeda menjadi aksesoris yang menarik perhatian.

 

Kisaran Harga Lampu Sepeda

Harga dari lampu sepeda cukup bervariasi, biasanya yang memengaruhi besaran harga ialah kualitas dan jenis lampu serta fitur yang ada. Harga kisaran lampu sepeda mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 100.000 untuk jenis standar. Untuk jenis lampu dengan fitur khusus seperti indikator baterai ataupun dengan material yang baik berkisar dari harga Rp 250.000 hingga Rp 450.000.

Previous Article

Tang Lancip – Fungsi dan Cara Penggunaan

Next Article

Hand Stacker – Jenis dan Cara Kerja

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *