Lem Keramik atau Nat Keramik – Manfaat, Cara Penggunaan, dan Harga

Author: No Comments Share:

Salah satu perlakuan penting dalam membangun rumah, terlebih saat finishing pada bagian keramik ruangan ialah pengisian nat keramik atau lem keramik. Sebetulnya penggunaan bahan lain untuk lantai suatu ruangan tidak harus menggunakan keramik, tetapi juga penggunaan bahan lain seperti marmer granit, atau batu-batuan. Finishing lantai dengan cara pengisian nat keramik ini akan memberikan beberapa manfaat pada hasil pekerjaan lantai. Misalnya seringkali pemasangan keramik meninggalkan rongga antar keramik, maka naat dapat digunakan sebagai penyambung dan pengisi rongga tersebut.

Penggunaan nat keramik dapat diaplikasikan bahkan pada keramik kamar mandi sekalipun. Pengaplikasiannya memang praktis karena umumnya hanya memerlukan tambahan air. Berikut beberapa informasi mengenai nat keramik atau lem keramik yang toolbox.id rangkum.

Manfaat Penggunaan Nat Keramik atau Lem Keramik

  • Memperapih hasil pekerjaan lantai.
  • Memberikan keserasian warna antar keramik lantai dan penghubungnya.
  • Memberikan daya rekat pada keramik sehingga dapat bertahan lama.
  • Mengurangi kemungkinan masuknya rembesan air melalui celah-celah keramik.

Penggunaan Nat Keramik

  • Penggunaan pengisi Nat Keramik cukup mudah, biasanya kebanyakan produk pengisi Nat Keramik hanya membutuhkan tambahan air selain bahan dasar utamanya.
  • Setelah air ditambahkan, adonan dapat diaduk hingga merata.
  • Aplikasikan adonan pada keramik, gunakan alat untuk pengisian nat yang rapih dan tidak berongga. Alat pengisi nat biasa diakali dengan penggunaan sendal plastik busa yang dipotong lurus.
  • Gunakan busa untuk merapihkan pinggiran bagian nat dan menghilangkan bercak adonan nat yang tidak sengaja terkena keramik.
  • Tunggu hingga nat kering.

Kisaran Harga Nat Keramik

Kisaran harga Nat Keramik cukup beragam dan biasanya dijual dengan ukuran per 1 KG bahan. Kisaran harga 1 kg nat keramik ialah Rp 20.000 sampai Rp 40.000. Untuk pembelian melalui online shop umumnya lebih murah ketimbang membeli langsung di toko material. Tetapi toko material dapat memberikan jaminan barang yang kita inginkan sesuai dengan apa yang kita lihat.

Previous Article

Waterpass Laser – Fungsi dan Cara Penggunaan

Next Article

Dryer Gitar – Perawatan, Cara Kerja, dan Penggunaan

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *