Lubricator dan Lubricant – Pengertian, Jenis, dan Kegunaan

Author: No Comments Share:

Kalau bicara tentang compressor, bagian – bagian dari compressor cukup banyak. Salah satu bagian dari compressor adalah lubricator. Jadi apa yang dimaksud dengan lubricator sendiri?

Lubricator merupakan sebuah alat yang berfungsi sebagai pelumas. Akan tetapi pada air compressor, biasanya alat tersebut dipakai sebagai penambah pelumas atau cairan lubricant yang nantinya keluar dari air compressor itu sendiri. Cara kerjanya seperti apa bisa Anda simak dalam informasi berikut!

Lubricator

Alat yang dijadikan sebagai pelumas ini biasanya dapat ditemukan pada pekerjaan penggerakan unit pneumatic atau pun air tools. Dalam penggunaannya, lubricator biasanya terhubung dengan air filter atau regulator.

Apa yang dimaksud dengan air filter dan regulator pada alat yang satu ini?

Air filter merupakan filter pengering pada sebuah compressor yang terhubung dengan lubricator. Sementara regulator berfungsi untuk menyetabilkan tekanan secara khusus tekanan pada udara yang keluar dari air compressor sehingga tekanan yang dihasilkan pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Biasanya regulator dalam penggunaannya dihubungkan dengan suatu peralatan yang disebut sebagai air filter. Dalam cara kerjanya sendiri, agar lubricator dapat berfungsi secara maksimal maka dibutuhkan cairan pelumas atau yang dikenal sebagai lubricant.

Jenis Lubricator

Lubricant ini terdiri dari beberapa jenis yaitu :

Oil

Oil merupakan lubricant yang paling encer dan biasanya sangat bermanfaat untuk melumasi bagian rantai, roda gigi dan hidrolik pada compressor. Fungsinya juga digunakan sebagai pendingin.

Dispersion

Dispersion merupakan lubricant yang di dalamnya memiliki kandungan oil, aditif dan juga solid lubricant. Beberapa dispersion bersifat ringan dan digunakan sebagai pelumas serbaguna.

Paste

Paste merupakan jenis lubricant yang mengandung oil, aditiv dan high solid lubricant. Bentuk cairan ini kental dan bisa digunakan pada boundary friction, pin, bushing dan juga koneksi ulir atau thread.

Grease

Kandungan grease terdiri dari oil, aditif, solid lub dan juga bahan pengental. Cairan lubricant yang satu ini dapat digunakan untuk melumasi bidang vertikal. Bentuknya agak gental mirip gel dan sangat bermanfaat untuk melumasi bagian gear, conveyor, bearing dan juga slides.

Compound

Compound merupakan cairan lubricant yang berbentuk pasta dan memiliki kandungan filler dan silicone. Bentuknya kental dan berwarna putih keruh. Biasanya compound digunakan secara khusus untuk O-ring rubber.

Anti Friction Coating

Anti friction coating merupakan cairan lubricant yang di dalamnya memiliki kandungan solid lubricant, aditif, binder dan solvent. Formula di dalamnya mirip dispersion namun untuk bentuknya lebih mirip grease yang agak kental seperti gel. Biasanya anti friction coating digunakan untuk thread atau koneksi ulir, bushing, pin atau boundary fiction.

Itulah sedikit informasi terkait lubricator dan cairan lubricant yang digunakan. Semoga menjadi informasi yang menambah informasi dan membawa manfaat.

Previous Article

Cermin Inspeksi Kendaraan – Kegunaan dan Kisaran Harga

Next Article

Penggaris Siku – Jenis, Penggunaan, dan Harga

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *