Mengenal Paron atau Anvil – Kegunaan dan Fungsi

Author: No Comments Share:

Apa Itu Paron atau Anvil

Anvil adalah peralatan / tools yang biasanya digunakan untuk pekerjaan pertukangan besi atau metalworking. Anvil sendiri merupakan sebongkah besi yang dicetak dimana bagian atasnya berkontur datar. Dahulu anvil digunakan sebagai alat untuk menempa besi, sebelum adanya teknologi pengecoran besi modern seperti saat ini. Anvil modern biasanya terbuat dari bahan yang lebih keras dan menghasilkan anvil atau paron yang lebih kuat.

Bagian Pada Anvil

Bagian pada anvil diantaranya terdapat:

  • Face
  • Step
  • Horn / tanduk
  • Lubang hardie / Hardie hole
  • Pritchel Hole / Lubang Hole
  • Rounded edge / pinggiran lengkung

Bagian muka atau face pada anvil umumnya berkontur datar dan dibuat sangat keras, dimana tepiannya bergerak melengkung (rounded edge). Karena hampir setiap pekerjaan metalworking yang melibatkan kegiatan menempa, maka bagian atas anvil ini dibuat keras untuk meredam benturan dari palu pemukul besi, maupun alat tempa lainnya.

Bagian tanduk atau horn dari anvil sendiri berbentuk melingkar dengan tujuan untuk menghasilkan berbagai macam bentuk dan biasanya terbuat dari besi yang lebih lunak ketimbang bagian face dari anvil. Sedangkan bagian lubang / hardy hole ialah lubang berbentuk persegi yang biasanya digunakan untuk membentuk dan memotong, dimana disana diletakan alat yang dinamakan hardy tools. Bagian Pritchel hole ialah lubang kecil berbentuk lingkaran yang biasanya terdapat di hampir setiap anvil modern, beberapa anvil memiliki lebih dari satu lubang ini.

 

Fakta Menarik

Anvil ternyata dapat digunakan sebagai instrumen perkusi, dimana beberapa komposisi musik telah menggunakan anvil di dalam komposisinya.

 

 

Previous Article

Safety Shoes – Fungsi dan Jenis

Next Article

Bor Beton – Deskripsi dan Fungsi

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *