Meteran Laser – Cara Menggunakan dan Kisaran Harga

Author: No Comments Share:

Meteran laser atau yang juga dikenal sebagai laser distance meter merupakan sebuah alat pengukur jarak yang efektif digunakan untuk mengukur panjang, lebar dan tinggi suatu objek sampai dengan 100 m atau 328 feet.

Alat yang satu ini bisa menjadi alternatif pengukur meteran tradisional yang memberikan hasil pengukuran jauh lebih presisi. Cara penggunaannya mudah dan hasilnya lebih akurat dibandingkan pengukuran dengan menggunakan meteran biasa. Informasi selengkapnya seperti apa bisa Anda simak dalam uraian berikut!

Meteran Laser

Laser distance meter merupakan sebuah alat yang sangat powerful dan pastinya interaktif dalam proses pengukuran. Dalam proses pengukuran tersebut, alat ini menggunakan sistem teori Pythagoras dan memberikan hasil pengukuran yang sangat presisi dengan tingkat ketelitiannya kurang dari 1,5 mm.

Secara garis besar fungsi dan kegunaan meteran laser sebagai berikut :

  • Dapat digunakan untuk mengukur suatu objek tidak secara langsung. Dalam pengukurannya kurang lebih 45 derajad yang menjadikan meteran ini sangat bermanfaat untuk memastikan kemiringan atap dan bekerja dengan menggunakan tilt sensor yang terintegrasi satu sama lain.
  • Dapat mengukur jarak secara horizontal pada suatu objek
  • Dapat digunakan untuk mengukur sudut dan memiliki fungsi stake out
  • Dapat mengukur jarak jauh pada tempat – tempat yang sulit dijangkau

Cara Menggunakan Meteran Laser

Cara penggunaan meteran laser sebagai berikut :

  • Pasang baterai dengan tegangan 9 volt
  • Tentukan sasaran tembak laser dari alat dimana sasaran tembak yang dimaksud adalah suatu objek atau bidang yang akan diukur dengan alat tersebut
  • Sinar laser yang memantul nantinya akan mengirimkan radiasi pada area meteran elektronik sehingga meteran elektronik tersebut nantinya akan membaca panjang atau lebar suatu bidang.
  • Dianjurkan untuk digunakan dalam ruangan karena hal tersebut berguna untuk menghindari terjadinya intervensi sinar matahari.
  • Jangan menggunakan alat ukur ini pada kaca karena kaca tidak mampu memantulkan radiasi
  • Perhatikan selalu daya baterai karena akan sangat berpengaruh terhadap tingkat akurasi meteran
  • Perhatikan selalu waterpass dan pastikan tidak miring agar hasil pengukuran yang didapatkan dari alat ukur ini akurat
  • Minimalisir gerakan ketika alat sedang digunakan mengukur
  • Minimalisir juga halangan pada sensor pembaca agar hasil yang didapatkan benar – benar akurat.

Kisaran Harga Meteran Laser

Untuk harganya, harga meteran laser pada setiap merk produk meteran laser ini berbeda. Ada yang dibanderol dengan harga mulai dari 350 ribu rupiah sampai dengan di atas 1,5 juta rupiah. Di antara berbagai macam merk meteran laser, yang paling terkenal adalah merk krisbow dan bosch.

Jadi bagi Anda yang ingin membeli produk meteran laser bisa survey dulu harganya berapa untuk setiap jenis merk agar Anda bisa dapatkan produk yang sesuai budget. Semoga apa yang kami sampaikan di atas membawa manfaat.

Previous Article

PH Meter – Fungsi, Cara Kerja, dan Cara Penggunaan

Next Article

Klem F dan Klem C – Penggunaan dan Kisaran Harga

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *