Mikrometer Sekrup – Kegunaan serta Jenis dan Kisaran Harga

Author: No Comments Share:

Mikrometer Sekrup

Mikrometer Sekrup ialah sebuah alat untuk mengukur dimana bagiannya terdiri dari sekrup yang terkalibrasi dan memiliki tingkat kepresisian hingga 0.01 mm. Alat ini ditemukan oleh Willaim Gascoigne di Abad ke-17 karena dibutuhkan alat yang lebih presisi dari Jangka Sorong. Pada umumnya alat ini sering digunakan untuk mengukur besaran panjang, ketebalan benda dan diameter luar benda. Di Mikrometer Sekrup terdapat bagian bagian seperti Poros Tetap (Anvil), Poros Geser (Spindle), Pengunci (Lock Nut), Tulisan Skala (Sleeve), Titik Kuasa (Thimble), (Ratchet), Rangka (Frame).

 

Penggunaan Mikrometer Sekrup

Prinsip kerja alat Mikrometer Sekrup adalah menggunakan suatu sekrup untuk memperbesar jarak yang terlalu kecil untuk diukur secara langsung menjadi putaran suatu sekrup lain yang lebih besar dan dilihat di bagian Skala pada alat ini.

 

Jenis Mikrometer sekrup

  1. Mikrometer Luar : Jenis Mikrometer sekrup yang sering digunakan untuk mengukur benda seperti kawat, lapisan lapisan, blok-blok dan batang-batang
  2. Mikrometer Dalam : Merukpakan Salah satu jenis mikrometer yang dipakai untuk mengukur sebuah garis tengah atau diameter pada lubang suatu benda
  3. Mikrometer Kedalaman : Jenis mikrometer yang diapakai untuk mengukur kedalaman dan juga ketinggian dalam suatu benda.

 

Cara menggunakan Mikrometer Sekrup                 :

  • Pertama Letakan Secara menempel objek yang akan diukur pada bagian poros tetap.
  • Selanjutnya, pada bagin Thimble diputar hingga objek benar-benar terjepit oleh bagian poros tetap dan poros geser.
  • Kemudian putar bagian ratchet untuk mengetahui perhitungan yang lebih presisi dari benda yang diukur, Pastikan untuk menggerakan sebuah poros geser dengan perlahan.
  • Lalu jika anda yakin bahwa Objek benar-benar terjepit dengan sempurna diantara kedua poros, Hasil pengukurannya pun dapat dibaca pada skala utama dan nonius.

 

Harga Mikrometer Sekrup

  • Harga Mikrometer Sekrup tergantung dari alat itu sendiri karena banyak model dan varian nya ada yang digital dan ada yang multifungsi.
  • Mikrometer sekrup insize outside 25- 50 mm di bandrol dengan harga berkisar Rp. 350.000 mikrometer sekrup pada umunya dapat mengukur diameter luar dari benda diameter dalam dari benda , kedalaman dari suatu benda dan juga ketebalan oleh karena itu benda ini cukup mahal , tapi sebelum bilang mahal kita lihat dulu dari segi kegunaan benda ini dapat mencakup beberapa hal dan di jamin juga presisi dan pas paten ukuran nya .
Previous Article

Thermometer Gun Infrared – Jenis dan Penggunaan

Next Article

Stitch Line Marking – Alat Pembuat Alur Garis Jahit Kerajinan Kulit

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *