Nama – Nama Alat yang Biasa Digunakan pada Bengkel Motor

Author: No Comments Share:

Dalam melakukan pekerjaan bongkar pasang kendaraan bermotor, seorang montir akan dibantu oleh suatu alat bengkel. Ada cukup banyak peralatan bengkel yang akan digunakan. Apa saja nama – nama alat yang biasa digunakan pada bengkel motor untuk mengotak – atik kendaraan?

Untuk Anda yang ingin tahu apa saja alat yang dipakai montir untuk mengotak – atik kendaraan di bengkel, informasi ini akan sangat menarik untuk Anda. Berikut daftar nama alatnya yang Anda harus tahu!

Nama – Nama Alat yang Biasa Digunakan pada Bengkel Motor

Kunci Pas

Kunci pas merupakan suatu alat bengkel yang digunakan membuka dan mengencangkan baut serta mur. Bentuk kunci pas sendiri mirip rahang yang terbuka dan memiliki dimensi yang berbeda – beda.

Kunci Ring

Selain ada kunci pas, ada juga kunci ring. Kunci ring bisa digunakan untuk membuka dan mengunci bauta tau mur yang torsinya lumayan besar. Bentuknya bundar dan memiliki gigi pada lubangnya. Gigi tersebut bertujuan untuk mengikat kepala baut atau mur agar lebih kencang.

Kunci Cocok Ring (campuran)

Kunci cocok ring atau kunci campuran memiliki ujung berbentuk kunci cocok dan ujung lain berbentuk kunci ring. Kunci bengkel ini digunakan untuk melepas dan mengencangkan baut serta mur.

Untuk membuka pertama kali akan digunakan kunci ring, kemudian diteruskan dengan kunci cocok agar proses pelepasan baut atau mur lebih cepat.

Kunci T

Kunci T biasanya digunakan untuk membuka dan mengencangkan baut pada area atau zona yang sulit dijangkau kunci cocok, kunci ring atau kunci campuran. Bentuk kunci T ini seperti soket dengan gagang pemutar di bagian ujung.

Obeng

Nama – nama alat yang biasa digunakan pada bengkel motor selanjutnya adalah obeng. Alat ini digunakan membuka sekrup. Obeng berbentuk plus minus biasanya menjadi yang paling sering dipakai.

Kunci Shock

Kunci shock berupa tabung dengan gagang berbentuk siku. Biasanya kunci shock digunakan untuk melepas dan mengencangkan baut yang posisinya kecil dan jauh untuk dijangkau.

Kunci Busi

Kunci busi hadir spesial untuk memasang dan membuka busi yang tidak bisa dijangkau untuk dibuka dengan kunci biasa.

Thread Gauge

Alat ini berperan untuk mengenali dimensi ulir pada baut dan digunakan dalam mengukur baut yang patah. Kalau akan membeli baut baru yang dimensi ulirnya belum dikenali akan dicek dengan alat ini.

Feller Gauge

Perlengkapan ini dipakai untuk mengukur jarak kerenggangan celah klep atau coil CDI. Bentuknya seperti plat stainless tipis yang memiliki dimensi ketebalan berbeda – beda pada setiap platnya.

Jangka Sorong

Jangka sorong merupakan perlengkapan ukur yang sangat penting untuk membantu tugas dan aktivitas perbengkelan. Alat ini dapat mengukur jarak, diameter luar, diameter dalam dan kedalaman.

Palu

Bengkel umumnya menyimpan dua tipe palu yaitu palu besi dan palu karet. Selain dipakai untuk mengetuk barang, palu juga digunakan menyambung kunci shock agar lebih ringan dalam melepas baut atau mur yang dimensinya besar.

Tap Baut

Fungsi alat ini untuk membuat lubang ulir baru atau membenarkan ulir yang rusak. Perlengkapan ini juga dilengkapi dengan gagang yang fungsinya untuk memutar mata tap tersebut.

Multitester

Multitester dalam dunia perbengkelan digunakan untuk mengecek jalan kelistrikan yang dihadapi korsleting atau mencari jalan kabel di motor yang putus.

Mesin Gerinda

Mesin ini di bengkel digunakan untuk memotong bagian yang kurang oke ketika proses modifikasi atau akumulasi pernak – pernik motor dilakukan.

Sekrap

Alat ini merupakan plat tipis dengan gagang yang fungsinya untuk mensterilisasi bagian yang kotor dan sulit lenyap pada silinder head atau piston kendaraan bermotor.

Tracker

Alat yang satu ini digunakan untuk melepas bearing atau komponen bundar semacam roda edan, puli dan lainnya. Tipe tracker di bengkel pun beragam. Ada yang merupakan tracker kaki 2 atau tracker kaki 3.

Kompresor

Perlengkapan ini biasanya digunakan untuk servis karburator, memompa ban, dan mengoperasikan alat bengkel lainnya yang membutuhkan kompresor.

Solder

Solder merupakan perlengkapan kelistrikan yang digunakan untuk menyambung kabel atau perlengkapan kelistrikan kendaraan yang lain.

Ragum

Alat ini merupakan suatu penjepit yang berupa rahang dan dapat menyempit atau melebar. Umumnya ragum digunakan untuk menjepit barang yang akan dipotong atau menahan bagian kendaraan yang ingin dilepas namun sulit dilepas.

Itulah nama – nama alat yang biasa digunakan pada bengkel motor dan harus ada karena memiliki peran atau kegunaan yang sangat penting.

Previous Article

Perlengkapan Untuk Melakukan Trekking Outdoor

Next Article

Perlengkapan dan Alat Untuk Memulai Hobi Melukis Cat

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *