Panel Surya Mini Untuk Rumah – Jenis, Cara Kerja, dan Manfaat

Author: No Comments Share:

Tarif dasar listrik yang setiap tahun mengalami kenaikan akhirnya membuat banyak orang memutuskan untuk memasang panel surya. Adakah panel surya mini untuk rumah yang cocok dipasang pada rumah berukuran kecil?

Nyatanya, panel surya hadir dalam berbagai varian ukuran. Tidak hanya berukuran besar, ada juga panel surya mini yang bisa dimanfaatkan untuk rumah yang berukuran kecil. Selengkapnya tentang informasi panel surya mini untuk rumah bisa Anda simak dalam ulasan berikut!

Panel Surya Mini Untuk Rumah

Panel surya merupakan suatu alat yang dapat digunakan mengubah energi cahaya matahari menjadi suatu energi listrik melalui teknologi fotovoltaik atau teknologi yang dipakai mengonversikan radiasi matahari menjadi suatu energi listrik.

Energi listrik yang dihasilkan tersebut akan disimpan ke dalam baterai dan digunakan untuk suatu perangkat elektronik untuk kemudian nantinya disesuaikan dengan kebutuhan listriknya. Soal ukuran, panel surya ada yang berukuran jumbo dan ada yang berukuran mini.

Biasanya panel surya berukuran mini dipasang pada rumah dengan ukuran kecil. Harganya juga tidak semahal panel surya berukuran besar. Bahkan pemasangannya pun bisa dilakukan sendiri. Panel surya berukuran mini dibanderol dengan harga mulai dari 30an ribu sampai 70an ribu rupiah saja dan bisa dibeli secara online.

Ada empat jenis panel surya yang secara umum beredar di pasaran yaitu panel surya monokristalin, panel surya polikristalin, panel surya amorphous dan juga panel surya compound. Namun jenis monokristalin dan polikristalin menjadi jenis panel surya yang paling banyak dipilih dan digunakan di Indonesia. Termasuk pengguna panel surya mini untuk rumah juga menggunakan varian monokristalin atau pun polikristalin.

Menggunakan panel surya memberikan berbagai macam manfaat di antaranya :

  • Dapat menghemat pengeluaran terhadap listrik yang digunakan sehari – hari di rumah. Jadi biaya listrik bisa dialihkan untuk biaya lainnya.
  • Menghindarkan rumah dari rasa ketergantungan terhadap penggunaan listrik konvensional
  • Pemasangannya bisa dilakukan dimana saja dan tersedia dalam berbagai ukuran sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi rumah
  • Berkontribusi dalam mengurangi pemanasan global.
  • Cara pemasangannya sangat mudah sehingga bisa dilakukan sendiri

Setelah tahu manfaatnya, Anda juga harus tahu cara kerjanya bagaimana. Jadi prinsip atau cara kerja panel surya termasuk panel surya mini sebagai berikut :

  • Panel surya dapat membantu mengonversi energi matahari menjadi energi listrik
  • Inverter dapat mengubah listrik yang dihasilkan oleh panel surya dari arus yang searah atau arus DC ke arus bolak – balik atau arus AC.
  • Energi yang dihasilkan digunakan untuk memberi daya pada peralatan listrik Anda sehingga peralatan listrik dapat teraliri arus listrik tanpa instalasi jaringan listrik konvensional sehingga bisa lebih berhemat.

Itulah sedikit informasi terkait panel surya termasuk panel surya mini untuk rumah. Semoga apa yang kami sampaikan menjadi informasi yang menambah wawasan dan memberi manfaat.

Previous Article

Klem F dan Klem C – Penggunaan dan Kisaran Harga

Next Article

Waterpass Laser – Fungsi dan Cara Penggunaan

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *