Parafin – Cara Penggunaan, Keunggulan dan Kisaran Harga

Author: No Comments Share:

Parafin atau Lilin Prafin

Parafin merupakan bahan bakar yang biasanya digunakan untuk keperluan camping dan memasak. Parafin atau lilin parafin sangat mudah digunakan dan jika parafin yang dibakar masih tersisa, parafin dapat dimatikan terlebih dahulu untuk nanti digunakan dan dibakar kembali. Parafin juga memiliki harga yang murah dan ukuran yang tidak terlalu emakan tempat untuk dibawa dan disimpan.

 

Kegunaaan dan Cara Penggunaan Parafin

Parafin dibakar dan menjadi sumber bahan bakar untuk memasak. Parafin biasanya dibakar dibawah kompor kaleng sebagai tungku-nya, tetapi dapat juga dibakar di tanah dengan tungku buatan sendiri yang terbuat dari batu bata yang disejajarkan misalnya. Pembakaran parafin cukup mudah, karena sifatnya seperti lilin yang mudah terbakar dan dapat dimatikan tanpa dengan air, cukup ditutup dengain kain agar menutup saluran oksigen, maka parafin akan mati.

  • Untuk menyalakan parafin, bakar parafin dengan menggunakan korek hingga timbul nyala api. Untuk parafin berbentuk balok, bisa dilakukan pembakaran di setiap ujung sisi parafin.
  • Simpan parafin pada kompor kaleng atau di atas media lalu letakan media tungku, maka proses memasak dapat dilakukan.
  • Untuk mematikan parafin yang masih tersisa dan agar dapat digunakan kembali, maka dapat dilakukan dengan cara menutup parafin yang masih menyala dengan kain tebal hingga tertutup dan tidak ada aliran oksigen yang masuk. Hal tersebut akan menghentikan proses pembakaran parafin dan parafin dapat dengan mudah dinyalakan kembali nantinya.

 

Keunggulan Parafin

  • Keunggulan parafin berbanding kompor portabel berbahan bakar gas kaleng pada umumnya ialah:
  • Parafin tidak terlalu memakan banyak tempat, termasuk media tungku yang digunakan.
  • Harga parafin cukup murah, dimana harga yang didapat jika dibandingkan dengan gas kaleng bisa dibilang lebih murah. Kecuali dengan gas kaleng isi ulang.
  • Parafin dapat dimatikan untuk digunakan kembali. Dimana hal tersebut membuat parafin dapat bertahan lama digunakan sesuai keperluan.

 

Kekurangan Parafin

  • Memasak menggunakan parafin membutuhkan waktu yang lama, karena seringkali api yang dihasilkan tidak merata. Berbeda dengan kompor portabel gas kaleng.
  • Biaya mahal. Beberapa orang lebih memilih mengisi ulang gas kaleng untuk kompor portabel ketimbang menggunakan parafin.

 

Kisaran Harga Parafin

Harga parafin di pasaran toko alat camping dan outdoors offline ada di kisaran Rp 20.000 sampai Rp 25.000 per 8 (delapan) keping balok. Untuk di toko online, biasanya berharga Rp 15.000 sampai Rp 20.000 per 8 (delapan) keping balok. Satu balok dapat bertahan kira-kira 2,5 sampai 3 jam penggunaan terus menerus.

 

Previous Article

Gunting Sasak atau Gunting Zig Zag Rambut

Next Article

Senar Gitar Akustik Nilon dan String

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *