Penggaris Siku – Jenis, Penggunaan, dan Harga

Author: No Comments Share:

Penggaris siku merupakan suatu alat ukur yang digunakan untuk mengukur, merancang atau membuat tanda persegi pada suatu benda. Adapun skala yang digunakan untuk alat ukur benda ini adalah milimeter dan centimeter.

Sesuai dengan jenisnya yang cukup banyak, jenis dari penggaris siku sendiri juga cukup banyak dan pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi lengkapnya untuk Anda. Cek informasinya yuk!

Jenis Penggaris Siku

Sama halnya dengan penggaris secara umum, penggaris siku juga terbuat dari berbagai macam bahan atau material. Jadi meski ada yang terbuat dari bahan plastik, garis siku juga ada yang terbuat dari bahan material stainless steel.

Jika ingin penggaris siku yang tahan lama dan tidak mudah patah, memilih penggaris siku dari bahan material stainless steel sangat dianjurkan. Penggaris siku sendiri memiliki beberapa jenis yang beredar di pasaran.

Anda bisa menggunakan satu dari beberapa jenisnya tersebut untuk keperluan mengukur dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa jenis dari penggaris siku yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan terdiri dari :

  • Penggaris segitiga siku berukuran 45 derajad siku
  • Penggaris segitiga siku berukuran 30 derajad x 60 derajad siku

Namun di antara kedua jenis penggaris tersebut, banyak orang lebih memilih untuk menggunakan penggaris 30 derajad x 60 derajad karena kakinya tegak lurus dan ukurannya juga lumayan panjang.

Cara Menggunakan Penggaris Siku

Cara penggunaan jenis penggaris ini pun cukup mudah yaitu Anda hanya perlu menumpukan kaki penggaris dari ujung ke ujung yang sedang Anda ukur atau Anda rancang menjadi bentuk siku.

Memiliki tanda yang bisa dipakai untuk menentukan sudut perkiraan atau bidang potong, siku ukur memiliki cukup banyak fungsi, di antaranya :

  • Dapat digunakan untuk mengukur ubin yang biasa dijadikan garis pengukur tukang bangunan atau tukang keramik
  • Dapat digunakan untuk mengukur atau membuat ukuran dalam bentuk kecil serta telah tersedia tanda ukuran dalam bentuk panjang
  • Mengukur sudut perkiraan agar bisa membuat tanda pada suatu onjek
  • Dapat digunakan untuk mengukur garis vertikal yang lurus
  • Bisa digunakan untuk menarik garis miring

Kisaran Harga Penggaris Siku

Untuk harganya sendiri cukup bervariasi. Karena jenis penggaris ini hadir dalam berbagai macam bahan, maka penggaris siku dibanderol dengan harga yang berbeda. Penggaris siku yang terbuat dari bahan plastik biasanya dibanderol sekitar 10 ribu rupiah saja. Sementara untuk penggaris siku stainless steel dibanderol sekitar 20 – 25 ribu rupiah.

Jika Anda ingin memiliki penggaris siku yang awet, maka memilih penggaris siku yang terbuat dari bahan stainless steel karena tidak mudah patah sangat dianjurkan.

Itulah sedikit informasi yang kami dapat berikan terkait penggaris siku. Semoga menjadi informasi yang membawa manfaat.

Previous Article

Lubricator dan Lubricant – Pengertian, Jenis, dan Kegunaan

Next Article

PH Meter – Fungsi, Cara Kerja, dan Cara Penggunaan

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *