Perlengkapan Untuk Melakukan Touring Motor Jarak Jauh

Author: No Comments Share:

Bagi Anda yang suka touring jarak jauh dengan motor, pastikan untuk mempersiapkan segala sesuatunya secara ekstra. Jangan lupa juga membawa berbagai perlengkapan untuk melakukan touring motor jarak jauh dan jangan sampai ada satu perlengkapan pun yang tertinggal.

Lantas, apa saja kira – kira perlengkapan yang harus disiapkan dan dibawa untuk melakukan touring jarak jauh dengan motor? Di sini kita akan bagikan daftarnya yang Anda harus bawa dan tak boleh tertinggal!

Perlengkapan Untuk Melakukan Touring Motor Jarak Jauh

Helm Modular

Helm modular merupakan jenis helm full face yang bagian pelindungnya dapat diangkat. Helm ini memiliki kelebihan yaitu dapat memberikan udara lebih banyak ketika pelindung dagunya diangkat.

Bagian chin guardnya juga dapat diangkat sehingga bagi pengendara berkacamata pun akan terasa nyaman. Helm juga turut dilengkapi dengan double visor yang menjadikan pengguna tidak silau ketika berkendara di siang hari.

Box Motor

Jangan lupakan box motor ketika ingin touring jarak jauh karena motor tidak memiliki bagasi luas seperti mobil sehingga barang bawaan tidak bisa disimpan dengan leluasa. Solusinya, box motor dapat dijadikan tempat tambahan untuk menyimpan barang bawaan.

Knee Pad

Pada dasarnya knee pad atau pelindung lutut digunakan oleh pesepeda. Namun meski demikian, pengendara motor juga perlu menggunakannya. Jika ada hal tak terduga dan tak diinginkan terjadi misalkan terjatuh maka lutut akan terlindungi dari goresan.

Jaket

Jaket fungsinya adalah menghangatkan badan ketika berkendara. Model jaket untuk pengendara motor juga sangat banyak. Ada model jaket lengan panjang dan ada juga jaket motor yang berbentuk rompi.

Anda bisa sesuaikan model jaket mana saja sesuai keinginan dan kebutuhan. Namun dalam memilih jaket, pastikan Anda memilih jaket yang dilengkapi fitur waterproof atau windproof. Dengan begitu Anda tidak akan masuk angin ketika suasana angin kencang dan atau hujan.

Sepatu Riding

Kaki juga harus dilindungi ketika berkendara. Sepatu riding merupakan sepatu yang didesain khusus untuk berkendara motor sehingga dapat melindungi kaki lebih baik dibandingkan sepatu biasa. Bahan yang digunakan tahan lama dan tidak mudah sobek meski lebih berat dari sepatu pada umumnya ketika dikenakan.

Sarung Tangan

Ketika berkendara, tangan adalah area yang akan terpapar sinar matahari. Agar tangan tidak kepanasan akibat terpapar sinar matahari pastikan agar Anda menggunakan sarung tangan. Selain agar tidak terpapar sinar matahari, sarung tangan juga berfungsi agar tangan tidak licin karena berkeringat sehingga berkendara jadi lebih nyaman.

Jas Hujan

Cuaca terkadang tidak menentu. Jadi meski bukan musim hujan ada baiknya jas hujan tetap dibawa jangan sampai tertinggal. Anda bisa simpan di bagasi atau di box motor kalau motor sudah dilengkapi boxnya.

Power Bank

Power bank merupakan charging portable yang akan sangat membantu jika baterai ponsel habis. Dengan power bank Anda tidak akan sampai kehabisan baterai. Apalagi kalau touring jarak jauh yang tidak memungkinkan Anda mendapatkan aliran listrik yang memadai maka keberadaan power bank sangat penting.

Senter Cahaya

Tak jarang ketika touring, Anda akan berhenti di lokasi yang minim cahaya entah untuk istirahat karena lelah atau untuk mengambil sesuatu di bagasi motor atau box. Dalam kondisi minim cahaya, Anda butuh pencahayaan tambahan karena itu senter cahaya menjadi sangat penting untuk Anda persiapkan.

Kotak P3K

Kotak P3K juga harus dibawa. Alat kesehatan ini dapat menjadi pertolongan pertama ketika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti terjatuh dari motor, kecelakaan atau sekedar menolong orang yang terjatuh di jalan.

Anda bisa mengisi kotak P3K dengan berbagai peralatan obat seperti obat merah, plester luka, minyak kayu putih sampai dengan kapas dan kain kasa. Selain itu, isi juga dengan obat – obatan pribadi kalau misalkan Anda punya suatu riwayat penyakit dan takut  kambuh selama perjalanan. Jangan lupa bawa lotion anti nyamuk dan hand sanitizer juga.

Itulah berbagai perlengkapan untuk melakukan touring motor jarak jauh yang harus dibawa atau disiapkan. Pastikan jangan sampai ada perlengkapan penting yang tertinggal agar perjalanan Anda nyaman dan aman sampai tujuan.

  Next Article

Perlengkapan Untuk Melakukan Trekking Outdoor

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *