Perlengkapan Untuk Melakukan Trekking Outdoor

Author: No Comments Share:

Bagi Anda yang suka trekking, jika ingin nyaman selama trekking ada baiknya menyiapkan perlengkapan untuk melakukan trekking outdoor. Apa sajakah perlengkapan yang harus disiapkan untuk menemani aktivitas trekking outdoor?

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi terkait perlengkapan yang harus disiapkan untuk menemani aktivitas trekking outdoor agar perjalanan trekking Anda semakin nyaman dan tanpa hambatan. Berikut daftar perlengkapannya!

Perlengkapan Untuk Melakukan Trekking Outdoor

Sepatu Khusus Trekking

Sepatu untuk trekking atau hiking didesain tidak sama dengan sepatu biasa. Jadi sepatu ini didesain dengan daya cengkram yang lebih kuat dibandingkan sepatu biasa untuk membuat pengguna tidak mudah tergelincir ketika melewati jalanan yang susah dilalui misalkan jalanan berbatu atau berlumpur.

Bahan sepatu yang kuat juga dapat memberikan perlindungan secara menyeluruh dan maksimal terhadap kaki pengguna. Demi kenyamanan trekking, perlengkapan untuk melakukan trekking outdoor yang satu ini menjadi perlengkapan paling wajib untuk disiapkan sebelum menyiapkan peralatan dan perlengkapan trekking lainnya.

Carrier

Karena biasanya trekking dilakukan berhari – hari, maka carrier sangat diperlukan. Carrier ini merupakan tas khusus penjelajahan yang didesain waterproof (anti air) sehingga jika terjadi hujan semua barang bawaan di dalam tas tidak sampai kehujanan.

Carrier sendiri ada ukuran – ukurannya. Bawa dengan ukuran yang sesuai untuk menyimpan semua barang bawaan selama trekking dilakukan. Biasanya di dalam carrier akan diisi bahan makanan, peralatan makanan sampai dengan baju ganti.

Jas Hujan

Selain perlengkapan yang dibawa yang harus dilindungi dari hujan, tubuh Anda juga harus dilindungi dari hujan. Karena itu jas hujan menjadi salah satu perlengkapan penting yang tidak boleh terlewatkan juga ketika trekking outdoor dilakukan.

Bahkan meski Anda merasa berangkat di waktu yang cerah dan bukan musim hujan, Anda tetap harus membawa jas hujan. Apalagi kalau trekking di puncak gunung yang tinggi karena cuaca bisa saja berkabut dan tiba – tiba hujan di atas puncak sana.

Kantong Plastik

Sampah makanan yang dibawa, sampah buah atau sayur yang dimasak, dan sampah – sampah lain tidak boleh dibuang sembarangan. Karena di hutan atau gunung tidak ada tempat sampah sementara membuang sampah sembarangan adalah suatu larangan maka kantong plastik inilah yang digunakan.

Nantinya kantong plastik berisi sampah tersebut dibuang setelah selesai trekking atau jika menemukan tempat sampah sehingga tak ada sampah yang berserakan.

Matras dan Kantong Tidur

Beberapa pejalan ada yang mengaku malas membawa tenda. Kalau Anda juga salah satunya, maka Anda perlu membawa matras dan kantong tidur atau sleeping bag. Kedua barang ini menjadi lebih praktis dibawa ketika trekking dan sekaligus dapat memberikan perlindungan serta kenyamanan ketika tidur di alam bebas.

Peralatan Serbaguna

Apa saja peralatan serbaguna yang harus dibawa untuk trekking, hiking atau camping?

Beberapa peralatan serbaguna yang harus dibawa di antaranya pisau multifungsi, korek api, jarum dan benang, peniti, dan jangan lupa kompas penunjuk arah. Jadi jika tersesat kompas tersebut akan sangat berguna.

Sementara pisau dan korek api akan sangat berguna jika akan digunakan memasak bahan makanan yang dibawa. Kemudian untuk jarum dan benang atau peniti berguna untuk merapikan baju atau celana sementara jika tiba – tiba robek saat trekking.

Headlamp

Ketika malam hari dan Anda masih ada di kawasan outdoor seperti di gunung atau hutan maka headlamp ini akan sangat bermanfaat memberikan penerangan. Anda tidak mungkin nyaman melanjutkan perjalanan dalam kondisi gelap gulita sehingga headlamp akan sangat dibutuhkan.

Atau kalau tidak punya headlamp, Anda bisa membawa senter. Bawa dua – duanya juga tak masalah agar berjaga – jaga kalau semisal baterai headlamp habis maka bisa menggunakan senter yang dibawa dan sebaliknya.

Tissue Kering dan Tissue Basah

Antara tissue kering dan tissue basah, keduanya sama – sama penting dibawa. Tissue basah digunakan untuk membersihkan baju, piring, gelas atau bahkan membersihkan wajah ketika tidak menemukan sumber mata air selama trekking.

Itulah perlengkapan untuk melakukan trekking outdoor yang harus dibawa. Jangan sampai ada yang tertinggal ya!

Previous Article

Perlengkapan Untuk Melakukan Touring Motor Jarak Jauh

Next Article

Nama – Nama Alat yang Biasa Digunakan pada Bengkel Motor

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *