Pisau Cukur Lipat atau Straight Razor

Author: No Comments Share:

Pisau Cukur Lipat

Pisau cukur lipat atau straight razor adalah alat yang seringkali digunakan untuk mencukur rambut dan untuk merapikan rambut rambut halus. Biasanya alat ini digunakan juga untuk membuat blok pada rambut yang telah dicukur atau merapikan pinggiran pola pada rambut kumis dan jenggot. Pisau cukur lipat kegunaannya telah banyak digantikan oleh pisau cukur elektrik yang fungsinya hampir sama. Tetapi pisau cukur lipat manual ini seringkali dianggap menghasilkan dan merapikan rambut lebih bersih dan merata.

Penggunaan pisau ini haruslah berhati hati, karena mata pisau yang tajam dan panjang. Oleh karena itu diperlukan fokus yang tinggi agar dapat menghasilkan potongan yang baik ataupun mendapatkan pola rambut kumis dan jenggot yang rapih.

 

Kegunaan straight razor atau pisau cukur lipat

  • Merapikan dan membuat blok pada bagian rambut, biasanya setelah bagian rambut lain telah dipangkas.
  • Membuat pola dan merapikan rambut kumis dan jenggot.
  • Menghasilkan potongan rambut yang bersih dan merata.

 

Jenis-jenis pisau cukur lipat

  • Stainless steel dimana jenis pisau cukur lipat ini biasanya memiliki daya tahan ketajaman pisau yang sangat lama dan karena sifatnya yang stainless, maka jenis pisau ini tidak dapat dengan mudah berkarat bahkan jika kita lupa untuk mengeringkannya setelah penggunaan.
  • Carbon steel dimana jenis ini lebih mudah berkarat ketimbang stanless steel. Jenis ini juga membutuhkan perawatan lebih seperti jika telah digunakan dalam kondisi basah, maka perlu dilakukan pengeringan terlebih dahulu sebelum dilakukan penyimpanan.

 

Jenis mata pisau pada pisau cukur lipat

  • Jenis French ialah jenis mata pada pisau cukur lipat yang berbentuk seperti seperempat lingkaran dimana terdapat titik yang tajam atau mata pisau.
  • Square dimana pada jenis ini, mata pisau berbentuk persegi panjang yang memiliki 2 titik ujung tajam pisau. Jenis ini banyak digunakan untuk kalangan profesional.
  • Round. Jenis ini biasa digunakan oleh pemula, karena cenderung tidak akan melukai pengguna akibat dari cara memegang pisau yang tidak benar.
  • Terdapat jenis pisau lainnya seperti Spanish atau Barber’s Notch yang ada sebagai pilihan pada pisau cukur lipat.

 

Harga pisau cukur lipat atau straight razor

Harga pisau cukur lipat cukup bervariasi, tergantung dari bahan, jenis, dan merek. Namun kisaran harga pisau cukur lipat yang kami lihat berada di kisaran Rp 30.000 untuk yang paling basic hingga Rp 60.000 sedangkan untuk yang ber merek berada di kisaran harga Rp 80.000 sampai dengan Rp. 200.000. Untuk yang ber merek premium seperti misalnya Dovo Solingen, harganya dikisaran hingga lebih dari Rp 1.500.000.

Previous Article

Hammock atau Tempat Tidur Gantung

Next Article

Alat Pemotong Kaca / Glass Cutter

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *