Roda Tembikar

Author: No Comments Share:

Roda Tembikar

Roda tembikar merupakan alat yang kita gunakan untuk membentuk kerajinan keramik. Alat ini merupakan meja bundar yang dapat berputar. Alat roda tembikar ini dapat membantu para pengerajin keramik. Alat ini terdapat dalam versi listrik ataupun manuak dengan ukuran yang berbeda. Roda tembikar digunakan untuk membuat berbagai macam keramik contohnya seperti mangkuk, guci dan pot bunga

Jenis, dan harga roda tembikar

  • Roda Tembikar Listrik
    Pada tipe ini menggunakan listrik sebagai energinya, sehingga akan mudah dioperasikan dan menghemat tenaga kita. Memiliki fitur dua mode kontrol kecepatan yaitu engkol tangan dan kontrol pedal sehingga dapat merubah kecepatan sesuai kebutuhan dengan cepat. Pada bagian bak pemblokir lumpur yang mudah dilepas, sehingga memudahkan kita untuk membersihkannya, mencegah terjadinya percikan lumpur, serta tahan lama. Tipe ini juga memiliki keunggulan dalam suara, yaitu tidak menghasilkan kebisingan. Mesin roda tembikar listrik sangat cocok digunakan oleh tukang keramik yang membuat tembikar untuk dijual karena kecepatannya dan menghemat tenaga mausia sehingga sangat direkomendasikan. Harga yang dibandrol adalah sekitar Rp 7.000.000. sesuai toko yang anda kunjungi.
  • Roda Tembikar Manual
    Roda tembikar manual bekerja dengan cara yang cukup mirip dengan roda tembikar listrik. Perbedaannya hanya pada kecepatan putaran yang dapat ditentukan oleh tukang keramik sendiri. Terdapat roda yang trpisah pada bagian bawah sehingga dapat digerakkan oleh tukang dengan kakinya. Semakian cepat tukang keramik menggerakkan kakinya maka kecepatan putaran akan semakin besar. Masih terdapat beberapa tukang tembikar yang menggunakan metode manual walaupun tidak banyak. Harga yang dibandrol untuk roda tembikar manual sekitar Rp 500.000 sesuai toko yang anda kunjungi.

Cara Kerja roda tembikar

  1. Pertama, kita dapat menempatkan roda pada bingkai dan diperkirakan tingginya sekitar pinggang kita.
  2. Lalu, kita dapat duduk di depan dan menyandar kedepan untuk mulai bekerja membentuk tanah liat.
  3. Kemudian roda akan berputar dan kita dapat membentuk tanah liat sesuai dengan bentuk keinginan kita.
  4. Kecepatan roda dapat kita sesuaikan dengan bentuk yang akan kita buat.
  Next Article

Pensil Arang Lukis

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *