Sabuk Pengaman Kerja atau Safety Belt – Cara Pemakaian dan Kegunaan

Author: No Comments Share:

Sabuk Pengaman Kerja (Safety Belt)

Sabuk keselamatan atau Safety Belt merupakan alat pelindung jatuh yang cukup sering dipakai oleh pekerja yang bekerja pada ketinggian. Sabuk ini terbuat dari bahan polyester yang mudah terbakar pada suhu yang tinggi. Pemakaian Safety Belt sebagai pelindung jatuh harusnya mempertimbangkan bahwa sebaiknya alat Safety Belt tidak dipergunakan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan ketinggian, sebab jika pekerja jatuh maka pekerja tersebut akan mengalami cidera di bagian pinggang ataupun bagian tulang belakangnya walau jatuhnya tak mengenai permukaan tanah dalam artisan pekerja tergantung.

Hal ini dikarenakan adanya tekanan yang timbul karena pemakaian safety belt yang dilingkarkan pada pinggang. Oleh karena itu tetap disarankan agar menggunakan full body harness, bila tetap menggunakan safety belt harus memasang pagar pembatas.

gambar sabuk pengaman kerja : binademimandiri.wordpress.com

Kegunaan

Alat ini memiliki fungsi yang sama dengan alat Full Body Harness, akan tetapi sabuk pengaman kerja ini hanya dikaitkan pada bagian pinggang pekerja saja. Perbedaan antara safety harness dan safety belt dapat dilihat dari bentuk ikatan serta fungsinya. Bentuk ikatan full safety harness yaitu menyelimuti seluruh tubuh. Sedangkan safety belt hanya mengikat pada bagian pinggang. Alat ini digunakan saat resiko jatuh dari ketinggian minim.

 

Cara Pemakaian

  • Pengecekan Safety Belt

Sebelum Safety Belt digunakan wajib untuk diperiksa kelayakannya, Jangan sekali-kali menggunakan Safety Belt apabila keadaannya rusak atau webbing sudah berserabut.

  • Buckle

Periksalah buckle apakah terdapat tanda-tanda adanya kerusakan semisal retak, bengkok atau bisa bergerak bebas atau tidak. Periksa pula pin penguncinya apakah berfungsi baik atau tidak

  • Webbing

Jangan menggunakan Safety Belt jika mendapat tanda-tanda kerusakan semisal robek, berserabut, ataupun kondisi yang tak layak pakai.

  • Ring

Fungsinya yaitu sebagai pengait lanyard pada belt, pastikan keadaan ring tak retak, berkarat, bengkok. Jangan sesekali memakai ring yang mengalami kerusakan.

 

Kisaran harga Sabuk Pengaman

Untuk harga safety belt sendiri tergolong cukup murah yaitu berkisar  Rp 50.000 untuk yang biasa dan terdapat harga berkisar Rp 600.000 hingga Rp 2.000.000  untuk kualitas yang lebih bagus.

Previous Article

Bench Grinder atau Gerinda Duduk – Fungsi dan Cara Kerja

Next Article

Trolley Barang Atau Hand Truck – Jenis Serta Penggunaan

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *