Saddle Jok Sepeda – Jenis dan Tips Memilih

Author: No Comments Share:

Jok Sadel Sepeda

Jok saddle merupakan komponen sepeda yang paling penting karena menjadi tumpuan dan penopang tubuh pengguna sepeda. Disebut juga sebagai dudukan maka ini menjadi salah satu yang dapat dipersonalisasikan sesuai preferensinya masing – masing. Seperti misalnya terkait bentuk dari jok saddle yang digunakan.

Terdapat dua bentuk jok saddle yang familiar digunakan yaitu:

  1. Saddle sempit. Merupakan jok saddle yang memiliki performa lebih tipis, pipih dan memanjang. Bentuk yang satu ini biasanya banyak digunakan pada sepeda balap, sepeda touring dan juga sepeda gunung. Bentuk ini dapat mengurangi resiko gesekan pada paha saat mengayuh, maka sangat cocok untuk sepeda digunakan jarak jauh.
  2. Saddle lebar. Bentuk jok saddle yang membuat penggunanya duduk lebih nyaman. Bentuk yang seperti ini banyak digunakan pada sepeda santai atau sepeda kota. Sepeda dengan jok saddle ini tidak mengutamakan kecepatan, sehingga lebih aman dan nyaman untuk keseharian.

 

Bagian Pada Jok Saddle Sepeda

Saddle sepeda sendiri terdiri dari beberapa bagian, berikut penjelasan dari bagian bagian pada saddle sepeda:

  • Shell, merupakan bagian kerangka dari saddle biasanya berbahan dasar plastik, nilon atau karbon fiber untuk jenis sepeda yang high end. Bentuknya lebar di bagian belakangnya, kadang juga melengkung mengikuti bentuk tubuh dan memiliki celah di bagian tengahnya.
  • Padding, cover dari saddle yang berupa bantalan di atas shell sehingga lebih nyaman untuk di duduk. Jenis padding dan ketebalannya juga menjadi penentu kenyamanan bersepeda.
  • Rails, pengunci saddle dengan sepeda, rail ini dapat di custom sesuai kenyamanan mulai dari sudut kemiringan sampai dengan posisi terbaiknya, ada rail yang terpisah dari shell tetapi pada beberapa jenis sepeda keduanya sudah menyatu.
  • Suspensi, adalah bagian untuk meredam guncangan seperti per.

 

Tips Memilih Jok Saddle Sepeda

Semenjak tren bersepeda berkembang pesat tentu saja menjadi banyak pemula dalam hal persepedaan, sehingga akan dibutuhkan tips dan pengetahuan tentang sepeda termasuk di antaranya dalam memilih saddle:

  1. Cari informasi terkait saddle dan merk yang bagus
  2. Cobalah saddle sampai menemukan yang paling nyaman
  3. Periksa posisi saddle dan sudutnya
  4. Pastikan saddle dapat menyesuaikan posisi duduk saat sedang mengayuh
  5. Pastikan harga saddle pilihanmu pas di kantongmu.
Previous Article

Vibration Meter – Fungsi dan Cara Penggunaan

Next Article

Drum Handler – Jenis dan Fungsi

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *