Safety Shoes : Fungsi Jenis dan Kisaran harga

Author: No Comments Share:

Safety Shoes atau Safety Boot

Safety boot adalah sepatu yang diciptakan untuk bertahan lama / durable dan memiliki fungsi perlindungan di bagian jari-jari yang menjaga kaki tetap aman dari bahaya benda jatuh ataupun tekanan yang cukup kuat. Safety boots juga biasanya dilengkapi bagian sol bawah yang tebal untuk melindungi telapak kaki dari benda berbahaya dari bawah seperti paku. Sehingga safety boots atau safety shoes ini memberikan kemanan dari berbagai sisi pada sepatu.

Gambar sepatu proyek / safety shoes wikipedia

Standarisasi Safety Boots

Safety shoes atau orang Indonesia biasa menyebutnya sepatu proyek ini biasanya terbuat dari rangkaian besi (tradisional) dan material komposit, plastik termo, ataupun alumunium. Penggunaan safety boots ini biasanya dibutuhkan oleh pekerja di ranah kontruksi dan industri. Saking pentingnya sepatu ini, sertifikasi dibutuhkan untuk menjaga kualitas dan keamanan dari sepatu proyek ini. Beberapa otoritas dan lembaga asuransi meregulasi pemakaian sepatu ini karena fungsi dan jaminan kemanan yang bisa diberikan.

Di Indonesia sendiri, standar yang digunakan ialah SNI 0111:2009

 

Jenis Sepatu Safety

Safety shoes dapat dibedakan berdasarkan area kerja atau jenis pekerjaan yang dilakukan, diantaranya:

  • Bagi area pekerjaan dimana bagian jari-jari kaki beresiko terkena benda jatuh ataupun tekanan kuat maka Safety-toed Shoes ialah sepatu yang ideal. Bagian jari-jari dari sepatu ini dibuat untuk menjaga jari-jari kaki tetap aman dari kemungkinan berbahaya.
  • Steel Insole Shoes cocok digunakan pada area yang membutuhkan stabilitas pergelangan kaki, seperti mengendarai truk berat, mengayuh pedal, ataupun mendorong pedal. Sepatu proyek jenis ini didesain untuk menjada pergelangan dari kemungkinan terkilir dan masalah pergelangan lainnya yang mungkin timbul.
  • Bagi yang bekerja di pabrik industri, dimana kemungkinan timbulnya kecelakaan besar, maka Metal Instep Footwear cocok digunakan. sepatu proyek jenis ini didesain untuk melindungi kaki dari benda tajam dan runcing seperti paku ataupun kaca.
  •  Metatarsal Shoes diciptakan untuk melindungi bagian atas tulang dan kaki, sepatu proyek jenis ini memungkinkan kita terhindar dari kecelakaan saat bekerja. Sepatu jenis ini cocok untuk pekerjaan seperti kontruksi dan pekerjaan dimana diharuskan mengangkat beban berat.
  • Electric Hazard Shoes. Sepatu proyek jenis ini didesain untuk pekerja yang bekerja di area yang memiliki kemungkinan tegangan listrik dan kelistrikan, mesin, circuit, perkabelan dan area sejenis lainnya. Sepatu ini memungkinkan keselamatan pengguna dengan mengurangi kemungkinan pengguna dari sengatan listrik yang berbahaya.

 

Harga Sepatu Safety

Harga dari sepatu safety cukup beragam dan merek yang ditawarkanpun cukup banyak. Merek-merek yang menyediakan sepatu safety diantaranya:

  • Caterpillar
  • Timberland
  • Carhartt
  • Krisbow
  • Kent
  • Cheetah
  • King’s

Untuk kisaran harga, safety boots berkisar di harga Rp 180.000 ; Rp 1.300.000 ; hingga lebih dari Rp 1.400.000

 

Previous Article

Pemadam Api Fire Extinguisher : Deskripsi Jenis serta Cara Penggunaan dan Kisaran Harga

Next Article

Mengenal Paron atau Anvil : Kegunaan dan Fungsi

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *