Fungsi Safety Vest Bagi Keselamatan Pekerja

Author: No Comments Share:

Safety Vest

Safety Vest atau rompi keselamatan dalam bahasa indonesianya adalah salah satu Alat untuk melindungi diri para pekerja agar memudahkan dalam identifikasi lokasi pekerja. Alat pelindung diri ini berbeda dengan alat Pelindung yang lain dimana alat tersebut benar-benar memberikan perlindungan kepada penggunanya, safety vest atau rompi keselamatan sendiri mempunyai fungsi untuk memudahkan para pekerja ketika melakukan identifikasi area kerja.

Ketika terjadi Lifting misalnya atau ketika melakukan pekerjaan di wilayah yang gelap, maka dengan menggunakan safety vest kamu masih dapat melihat posisi para pekerja yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan safety vest atau rompi keselamatan mempunyai reflector yang fungsinya memantulkan cahaya, sehingga akan dengan mudahnya melihat ataupun memantau posisi pekerja jika menggunakan Safety Vest.

Kegunaan Safety Vest

Safety vest atau rompi keselamatan biasanya dipakai ketika melakukan pekerjaan di lokasi yang kurang pencahayaannya, atau bahkan saat bekerja di area yang dekat dengan jalan raya atau jalan utama untuk memudahkan pengemudi di jalan melihat para pekerja. Selain itu safety vest juga dapat digunakan di saat terjadi aktifitas Lifitng atau di area konstruksi agar memudahkan Operator melihat posisi rekan-rekan kerja lainnya di saat melakukan pemindahan barang-barang dari suatu tempat ke tempat yang lainnya.

Rompi keselamatan biasanya mempunyai warna yang cerah, contohnya seperti warna oranye, hijau atau kuning, dilengkapi dengan pita reflektif yang berwarna abu-abu perak, sehingga biarpun dalam kondisi gelap, rompi ini bisa memantulkan cahaya sehingga orang yang memakainya bisa terlihat jelas. Visibilitas tersebut sangat penting bagi pekerja untuk menghindari dari bahaya tertabrak alat berat ataupun kendaraan. Pekerja yang bernaung dengan alat berat bisa mengidentifikasi obyek tersebut sebagai manusia dan bukan bagian dari objek benda yang ada di area tersebut.

Manfaat Menggunakan Safety Vest

  1. Mudah Terlihat Di Tempat Gelap

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pada kondisi gelap safety vest dapat memudahkan orang lain melihat si pengguna rompi keselamatan tersebut. Hal tersebut dikarenakan safety vest mempunyai Reflector yang fungsinya memantulkan cahaya supaya lebih mudah terlihat.

  1. Tahan Air & Melindungi Diri dari Cuaca Dingin

Beberapa rompi keselamatan mempunyai bahan yang baik dan bagus sehingga membuat rompi dapat tahan air dan nyaman saat digunakan ketika hujan. Beberapa safety vest juga cukup hangat ketika digunakan sehingga para pekerja bisa cukup nyaman bekerja pada cuaca dingin, walaupun tidak semua safety vest seperti ini.

  1. Bisa Membuat Orang Lain Jadi Lebih Waspada

Safety vest atau rompi keselamatan biasanya berwarna cerah. Pemilihan warna seperti kuning, hijau atau orange bukanlah tanpa alasan. Warna-warna ini adalah warna yang dapat terlihat dalam jarak yang cukup jauh. Oleh karena itu, para pekerja yang lain ataupun pengemudi alat berat di tempat kerja bisa mengidentifikasi pengguna safety vest dari jarak jauh dan memperlambat kendaraan.

  1. Mudah Didapatkan

Safety vest sendiri mudah didapatkan dan bisa dibeli dengan harga yang relatif terjangkau dimana saja dan siap dikenakan untuk bekerja.

  1. Kenyamanan

Walaupun semua orang memahami bahwa safety vest ini lebih efisien dan sangat bermanfaat. Tetapi tidak jarang pekerja menganggap hal ini mengganggu kenyamanan mereka dalam bekerja. Hal tersebut dikarenakan masalah kebiasaan saja. Biasanya setelah digunakan pada beberapa waktu, para pekerja akan terbiasa dan merasa nyaman.

.

Previous Article

Fungsi Ear Muff / Penutup Telinga

Next Article

Pompa Aquarium

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *