Scissor Lift – Jenis dan Cara kerja

Author: No Comments Share:

Fungsi Lifting Scissors

Sesuai dengan namanya ini seperti tangga pemindahan barang yang dioperasikan secara manual maupun semi elektrik. Alat ini memiliki peran yang sangat penting dalam bidang industri sebagai alat bantu pemindahan dan penyusunan barang. Lifting Scissors ini menjadi alat kerja pemindahan barang atau pekerjaan yang tidak dapat dijangkau oleh manusia dalam ketinggian tertentu.

Penggunaan alat ini pada keseharian baik di industri maupun perumahan di antaranya, sebagai penopang pemasangan lampu, mengecat dinding tinggi, membersihkan kaca gedung bertingkat, dan tentunya mengangkut material ke atas untuk pekerjaan yang lain. Proses pemasangan lampu di jalan raya biasanya juga menggunakan tangga elektrik semacam ini.

 

Cara Kerja Lifting Scissors

Alat menyerupai tangga potable ini memiliki cara atau sistem kerja hidrolik untuk dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya, tentu saja disertai semacam kotak beroda bagian bawah sebagai pondasi nya. Sedangkan pergerakan tangga meninggi dan berhenti di titik ketinggian tertentu ini menggunakan energi elektrik dari baterai. Ketika di nyalakan tangga yang terlipat akan merenggang dan mulai naik, dengan beban di atas papan bagian atasnya. Ketinggian nya beragam tergantung pada jenis dan kapasitas lifting scissors nya.

 

Jenis Lifting Scissors

Terdapat 2 variasi lifting scissors yang beredar dipasaran saat ini. Keduanya dapat dibedakan berdasarkan cara pengoperasioan yaitu manual dan elektrik. Berikut kedua jenis scissor lift tersebut:

  • Lift Scissors manual, yang sepenuhnya dilakukan dengan pemompaan manual baik pergerakan maupun penopang nya, tentu saja untuk yang manual ketinggian dan kapasitas beban lebih ringan, seperti 100 kg dan ketinggian 2 meter.
  • Lift Scissor Elektrik, yang sepenuhnya menggunakan daya baterai, yang mampu mencapai ketinggian 4 meter dengan beban yang sama. Beberapa perusahan sudah lebih menggunakan yang elektrik dengan banyak pilihan, karena dianggap lebih efisien dan lebih praktis terkait pelaksanaan pekerjaan.

 

Kisaran Harga Lifting Scissor

Harga Lifting Scissor sangat beragam berdasarkan merk yang beredar dipasaran dan tentunya tergantung pada spesifikasi yang ada. Mengingat banyak perusahan yang memproduksi dan menjual sudah barang pasti akan ada semacam persaingan spesifikasi dan juga harga, sejauh ini di pasaran dibandrol sekitar 5 juta sampai 9 jutaan, yang lebih mahal jelas ada tergantung pilihan kebutuhan para pengguna.

 

Previous Article

Bel Sepeda – Fungsi dan Cara Pemasangan

Next Article

Tang Lancip – Fungsi dan Cara Penggunaan

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *