Senar Gitar Akustik Nilon dan String

Author: No Comments Share:

Senar Gitar Akustik Nilon dan String

Senar gitar akustik merupakan salah satu elemen yang sangat penting dari bagian gitar tersendiri. Karena senar gitar merupakan sumber bunyi atau suara pada alat musik gitar yang dipetik. Apabila gitar yang kita miliki tidak memiliki senar gitar, maka gitar itu tidak dapat menghasilkan sumber bunyi yang indah. Senar gitar akustik sendiri biasanya memiliki perbedaan tertentu ketimbang senar gitar elektrik, yaitu pada senar 4 atau senar G (tuning standar EADGBe) senarnya memiliki lapisan yang sama seperti senar 1, 2, dan 3. Untuk senar gitar akustik sendiri, dapat dibedakan menjadi dua, yaitu senar gitar akustik nilon dan folk (string). Penggunaannya menyesuaikan dengan jenis gitar apakah gitar akustik folk atau nylon.

 

Penggunaan dan Pemasangan Senar Gitar

Senar gitar ini biasa kita gunakan bersama dengan gitar akustik yang kita miliki. Penggunaannya cukup dengan kita memetik satu kesatuan senar gitar kita dengan alunan kunci chord gitar dengan indah. Pemasangan senar gitar string dapat dimulai dengan menempatkan ujung senar gitar (yang biasanya terdapat besi bulat) kedalam lubang pin di bridge gitar, kemudian mengunci pin bridge dan baru memasukan ujung senar satunya ke dryer gitar dan di tuning. Untuk akustik nilon, bisa dengan mengikat ujung senar nilon di bridge, baru memasukan ujung satunya lagi di dryer headstock gitar.

 

Merk Sinar Gitar Akustik

  1. Senar gitar akustik Elixir : senar gitar merk Elixir merupakan merk senar gitar yang terbuksi luar biasa. Merk ini memberikan kepada kita standart senar gitar yang lebih tinggi daripada senar gitar akustik. Bukan hanya untuk senar akustik bahkan merk ini juga baik untuk gitar elektrik.
  2. Senar gitar akustik Martin : merk ini bahan yang digunakan adalah perunggu dan fosfor perunggu. Senar merk ini akan menghasilkan karakter yang sesuai dengan ukuran yang kita pilih.
  3. Senar gitar akustik D’Addario : merk ini menjadi merk terbaik, hasil suara yang dihasilkan cukup hangat, seimbang, dan juga cerah.
  4. Terdapat beberapa merek senar gitar akustik lain yang cukup terkenal, perhatikan harga barang yang dijual untuk mendapatkan senar gitar orisinil yang kita inginkan.

 

Cara Memilih Senar Gitar Akustik

  • Memilih senar gitar berdasarkan ukuran gitar kita. Umumnya untuk penggunaan fingerstyle menggunakan senar dengan ukuran yang agak besar (0.10, 0.11, 0.12).
  • Memperhatikan tension senar.
  • Kemudian kita melihat bahan yang digunakan untuk membuat senar itu. Terdapat beberapa pilihan coated dalam senar gitar yang dapat dipilih, biasanya setiap seri dari tiap merek memiliki informasi mengenai bahan yang digunakan.
  • Kita juga diwajibkan untuk mengamati coated atau bahan pelapis senar.
  • Jika kita sudah melakukan tips diatas maka kita dipastikan memilih senar yang cocok.

 

Kisaran Harga Senar Gitar Akustik

  • Merk Elixir, dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau sekitar Rp 200.000 rupiah tergantung ukuran dan toko yang dikunjungi.
  • Merk Martin, dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau sekitar hingga Rp 250.000 rupiah tergantung ukuran dan toko yang dikunjungi.
  • Merk D’addario, dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau sekitar hingga Rp 150.000 rupiah tergantung ukuran dan toko yang dikunjungi.
  • Terdapat juga merek senar gitaar akustik konvensional yang harganya cukup terjangkau, dengan harga kisaran Rp 35.000 sampai Rp 70.000 seperti merek Pyramid ataupun senar unpacked lainnya.
Previous Article

Parafin – Cara Penggunaan, Keunggulan dan Kisaran Harga

Next Article

Lem Tembak atau Hot Melt

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *