Skiver – Alat Penipis Bahan Kerajinan Kulit

Author: No Comments Share:

Skiver

Saat sedang melakukan pekerjaan kerajinan kulit, seringkali kita membutuhkan ketebalan kulit tertentu pada bagian tertentu untuk menyelesaikan kerajinan kulit kita. Terkadang ketebalan kulit tertentu yang diinginkan berada pada bagian tengah lembaran kulit ataupun bagian pinggir bagian kulit dan untuk menghasilkan ketebalan yang diinginkan, diperlukan sebuah alat bantu khusus. Dari kasus tersebut, skiver atau alat skiver dapat membantu pekerjaan kerajinan kulit kita.

 

Kegunaan Skiver

Skiver berfungsi sebagai alat untuk menipiskan ketebalan kulit pada kerajinan kulit hingga didapati ketebalan kulit yang diinginkan. Sebagai contohnya ialah saat kita membutuhkan ukuran kulit yang lebih tipis pada bagian dimana dua bagian kulit akan ditempelkan / ditumpuk, sehingga agar tidak terlihat terlalu besar / bulky maka dilakukan skiving pada bagian tertentu sehingga didapati ketebalan yang pas pada kerajinan kulit.

 

Alat Skiving Kerajinan Kulit

  • Ada beberapa alat yang dapat digunakan untuk melakukan skiving atau penipisan ketebalan kerajinan kulit, yang pertama super skiver yang biasa digunakan untuk melakukan penipisan ketebalan kulit pada bagian tertentu dengan cakupan area yang lumayan lebar. Cocok digunakan pada kulit yang tebal seperti pada pembuatan sabuk kulit yang diaplikasikan pada bagian lekukan dekat buckle / hardware sabuk agar tidak terlihat terlalu besar / bulky.

  • Alat kedua yang dapat dipakai ialah utility leather knife atau pisau kulit multifungsi. Sebagai fungsi utamanya untuk memotong kulit, pisau utilitas ini juga dapat digunakan sebagai skiver untuk menipiskan ketebalan kulit pada bagian tertentu. Penggunaan pisau utility ini dapat dibilang lebih sulit ketimbang menggunakan alat skiver khusus atau super skiver karena ketebalan dan dalamnya penipisan harus diatur secara manual oleh tangan.

 

Penggunaan Alat Skiver

Penggunaan skiver dapat dibilang cukup sederhana, kita hanya perlu meletakan alat skiver atau super skiver pada permukaan kulit yang ketebalannya ingin di tipiskan kemudian menarik tuas skiver hingga bagian kulit terkelupas. Untuk penggunaan utlity knife akan membutuhkan lebih banyak kehati-hatian karena ketebalan kulit yang di potong akan berpengaruh dengan tekanan tangan dari sang pengrajin. Lebih baik gunakan skiver atau super skiver untuk mendapatkan hasil yang baik.

 

Kisaran Harga Alat Skiver & Utility Leather Knife

Kisaran harga untuk alat skiver cukup beragam, biasanya berkisar antara Rp 100.000 sampai Rp 200.000 dan bisa lebih untuk brand tertentu. Untuk utility leather knife harganya berkisar antara Rp 70.000 sampai Rp 250.000 dan dapat lebih untuk brand tertentu ataupun pisau custom dengan kualitas yang baik.

Previous Article

Jarum Jahit dan Stitching Awl Kerajinan Kulit

Next Article

Edge Burnisher – Alat Finishing Pengkilap Kerajinan Kulit

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *