Stand Lukis atau Easel Painting

Author: No Comments Share:

Stand Lukis

Stand Lukis biasa digunakan para seniman gambar lukis maupun amatir pada saat melakukan kegiatan melukis , Alat ini sangat berguna dan memiliki kegunaan yang baik pada saat dilakukannya kegiatan melukis karena stand lukis ini berfungsi sebagai alat penopang kanvas ketika melukis. Penggunaan stand lukis dapat dilakukan bagi kegiatan lukis secara duduk maupun berdiri, oleh sebab itulah alat ini termasuk dalam alat penting bagi pelukis.

 

Kegunaan Stand Lukis

Alat ini digunakan untuk meletakkan kanvas agar tetap mapan dan kuat sehingga memudahkan pelukis saat melukis. Biasanya terdapat baut untuk menyetel posisi stand sehingga didapati rasa nyaman bagi pelukis. Tentu saja untuk bidang dan media gambar yang besar, alat ini tidak bisa digunakan. Stand lukis memiliki bahan pembuat utama yang cukup bermacam-macam, namun umumnya terbuat dari kayu dengan hardware yang terbuat dari alumunium atau besi.

 

Jenis Stand Lukis

Terdapat beberapa jenis stand lukis yang dapat dibedakan berdasarkan bahan pembuatnya. Beberapa jenisnya yaitu stand lukis yang terbuat dari kayu dan juga alumunium. Bahan kayu pembuat stand lukis dapat bermacam-macam, tergantung pada kegunaan dan peruntukan stand lukis. Bahan alumunium memiliki keunggulan untuk tidak berkarat sehingga memiliki daya tahan yang lebih lama.

  1. Stand lukis kayu. Mmeilik bahan pembuat berupa kayu yang biasanya sudah dilapisi dengan larutan cat varnish agar tahan lama dan tidak rusak akibat rayap. Tidak ada bentuk pasti tetapi biasanya terdiri dari tiga kaki-kaki penopang agar media canvas lukis dapat baik saat disimpan dan stand lukis tetap tegap berdiri.
  2. Stand lukis alumunium. Memiliki bahna pembuat dari alumunium yang biasanya juga bersifat portabel atau mudah dibawa kemana-mana. Stand lukis alumunium biasanya memiliki semacam tripod tida kaki untuk mengatur berdirinya stand.

 

Cara Menggunakan Stand Lukis

  1. Letakan stand lukis di tempat yang tepat dan luas karena untuk membentangkan kaki-kaki stand lukis butuh tempat yang cukup luas dan datar.
  2. Bentangkan Stand lukis dan atur kemiringan nya sampai sekiranya pas.
  3. Sesuaikan tripod atau kaki-kaki stand dengan posisi senyaman mungkin bagi si pelukis.
  4. Jangan lupa kunci posisi dengan hardware atau baut yang terdapat di stand lukis sehingga posisi tidak mudah berubah atau bergeser.
  5. Tempatkan media lukis canvas pada stand lukis.

 

Kisaran Harga Stand Lukis

Harga nya cukup berfarian untuk Stand Lukis

  1. Stand Lukis + stand Foto 50 x 70 cm di bandrol dengan harga kisaran Rp. 80.000. Harga yang cukup murah dan mudah ditemui di toko toko alat lukis terdekat. Terdapat juga stand kayu dengan harga yang lebih mahal namun biasanya akan berbanding lurus dengan kualitas dan finishing.
  2. Stand Holder Lukis Aluminium di bandrol dengan harga Rp. 290.000. Dengan harga yang lebih mahal namun pada jenis ini biasanya terdapat fitur roda serta roda yang bisa terkunci, sehingga mudah untuk dibawa dan tidak terlalu berat namun kokoh dan memiliki durabilitas yang tahan lama.
Previous Article

Tenda Dome Outdoor dan Camping

Next Article

Helm Las – Penggunaan dan Kisaran Harga

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *