Stitch Line Marking – Alat Pembuat Alur Garis Jahit Kerajinan Kulit

Author: No Comments Share:

Stitch Line Marking

Ketika kita sedang melakukan pekerjaan kerajinan kulit, maka aktifitas menjahit adalah salah satu aktifitas utama yang perlu dilakukan. Menjahit pada kerajinan kulit dapat menjadi tantangan tersendiri karena menjahit pada bahan dasar dan permukaan kulit yang tebal dapat menimbulkan beberapa masalah seperti sulitnya memasukan jarum jahit ataupun sulitnya membuat garis alur jahit. Untuk itu dibutuhkan sebuah alat yang dapat membantu aktifitas menjahit untuk bahan kulit yaitu Stitch Line Marking.

 

Kegunaan Stitch Line Marking

Stitch Line Marking berguna untuk membuat alur jahitan jarum pada permukaan kulit sebelum dilakukan penjahitan. Bayangkan permukaan bahan kulit yang ingin di jahit tetapi tidak terdapat alur petunjuk jarum jahit, maka hasil jahitan berkemungkinan untuk tidak lurus atau tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Terlebih bagi pemula, Stitch Line Marking ini dapat sangat membantu pada proses penjahitan bahan kulit.

Cara Kerja Stitch Line Marking

Cara kerja alat bantu ini sangat sederhana, kita hanya perlu menekan dengan baik dan stabil alat ini pada alur jarum jahit sebelum dilakukan penjahitan dan pelubangan. Ujung mata runcing pada alat ini bukan berfungsi untuk melubangi secara tembus pada bahan kulit, melainkan hanya untuk memberi bekas dan petunjuk dimana saja lubang jarum jahit akan dimasukan saat nanti dilakukan proses penjahitan.

Terdapat berbagai jenis stitch line marking yang biasa digunakan, tetapi pada umumnya ialah sama yaitu terdiri dari tuas untuk tempat menggenggam, bagian leher, dan juga roll dengan ujung mata lancip ataupun tumpul sebagai stitch marking.

Sebenarnya, fungsi stitch line marking dan groover bisa dibilang mirip. Perbedaan diantara keduanya ialah groover berfungsi untuk menipiskan bagian tempat alur jahitan sehingga nantinya permukaannya sama rata dengan permukaan disekitarnya, sedangkan stitch line marking berfungsi untuk memberikan tanda alur jarum jahit saat proses menjahit. Sehingga dengan begitu, kedua alat ini dapat digunakan dan saling melengkapi antara kegunaan satu dengan yang lainnya terutama saat dilakukannya proses menjahit bahan kulit.

 

Kisaran Harga

Kisaran harga dari stitch line marking ini cukup murah mengingat kegunaannya yang bisa saja digantikan oleh gabungan groover dan chisel. Harga di pasaran berkisar antara Rp 50.000 hingga lebih dan biasanya perhitungan harga akan menjadi lebih murah seumpama pembelian merupakan pembelian satu set sekaligus alat kerajinan kulit.

 

 

Previous Article

Mikrometer Sekrup – Kegunaan serta Jenis dan Kisaran Harga

Next Article

Tenda Dome Outdoor dan Camping

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *